Ruswandi, Deny Nico Vrasley (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KOLOID DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAAN SEDERHANA DAN PENGUASAAN KONSEP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (477Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (422Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (345Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (289Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (232Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (87Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2388Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi koloid dalam meningkatkan keterampilan memberikan penjelasaan sederhana dan penguasaan konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 1 Seputih Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 93 siswa dan tersebar dalam tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang didasarkan pada suatu pertimbangan tertentu berdasarkan ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Akhirnya diperoleh kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 3 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan memberikan penjelasaan sederhana untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 0,60 dan 0,35; serta rerata n-Gain penguasaan konsep untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 0,63 dan 0,54. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan rumus statistik uji-t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa keterampilan memberikan penjelasaan sederhana dan penguasaan konsep siswa pada materi koloid yang diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional yaitu sebesar 4,92 dan 2,61. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan memberikan penjelasaan sederhana dan penguasaan konsep pada materi koloid. Kata kunci : Model pembelajaran inkuiri terbimbing, Keterampilan memberikan penjelasaan sederhana, Penguasaan konsep Deny Nico Vrasley
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 28 May 2014 07:34 |
Terakhir diubah: | 28 May 2014 07:34 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1768 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |