EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KOLOID DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAAN SEDERHANA DAN PENGUASAAN KONSEP

Ruswandi, Deny Nico Vrasley (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KOLOID DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAAN SEDERHANA DAN PENGUASAAN KONSEP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (477Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (422Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (345Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (289Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (232Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2388Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi koloid dalam meningkatkan keterampilan memberikan penjelasaan sederhana dan penguasaan konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 1 Seputih Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 93 siswa dan tersebar dalam tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang didasarkan pada suatu pertimbangan tertentu berdasarkan ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Akhirnya diperoleh kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 3 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan memberikan penjelasaan sederhana untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 0,60 dan 0,35; serta rerata n-Gain penguasaan konsep untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 0,63 dan 0,54. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan rumus statistik uji-t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa keterampilan memberikan penjelasaan sederhana dan penguasaan konsep siswa pada materi koloid yang diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional yaitu sebesar 4,92 dan 2,61. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan memberikan penjelasaan sederhana dan penguasaan konsep pada materi koloid. Kata kunci : Model pembelajaran inkuiri terbimbing, Keterampilan memberikan penjelasaan sederhana, Penguasaan konsep Deny Nico Vrasley

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 May 2014 07:34
Last Modified: 28 May 2014 07:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1768

Actions (login required)

View Item View Item