PENGARUH KOMUNIKASI KELOMPOK TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM KEGIATAN SIMPAN PINJAM KELOMPOK PEREMPUAN (SPP) (Studi pada Kelompok SPP di Desa Marga Agung Kec. Jati Agung Kab. Lampung Selatan)

NN, Dian Arisntoro (2012) PENGARUH KOMUNIKASI KELOMPOK TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM KEGIATAN SIMPAN PINJAM KELOMPOK PEREMPUAN (SPP) (Studi pada Kelompok SPP di Desa Marga Agung Kec. Jati Agung Kab. Lampung Selatan). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
Indonesia.pdf

Download (5Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK. Kegiatan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) merupakan suatu kegiatan yang begitu bermanfaat bagi perempuan. Manfaat kegiatan SPP bagi perempuan antara yaitu, berupa suatu pendayagunaan atau pemberdayaan potensi diri demi kehidupan mandiri serta efisiensi usaha yang berkesinambungan, serta untuk mengembangkan potensi kegiatan simpan pinjam pedesaan, kemudahan akses pendanaan usaha skala mikro, memperkuat kelembagaan kegiatan kaum perempuan serta mendorong pengurangan rumah tangga miskin dan penciptaan lapangan kerja, oleh karena itu perlu adanya upaya untuk peningkatan partisipasi permpuan dalam melaksanakan kegiatan SPP, dan salah satu upaya awal untuk hal tersebut adalah melakukan proses Komunikasi Kelompok pada Musyawarah Khusus Perempuan (MKP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Komunikasi Kelompok terhadap tingkat partisipasi perempuan dalam kegiatan SPP. Tipe penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil adalah para kelompok SPP di Desa Marga Agung Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan yang terdiri dari 5 kelompok dan berjumlah 50 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan analisis statistik Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pengaruh Komunikasi Kelompok berpengaruh terhadap tingkat partisipasi kaum perempuan dalam kegiatan SPP di Desa Marga Agung Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan dengan nilai 50,4%. Terdapat sisa pengaruh sebesar 49,6%. Hal ini bermakna bahwa terdapat sebesar 49,6% tingkat partisipasi perempuan dalam SPP tidak dipengaruhi oleh proses komunikasi kelompok pada MKP, tetapi dapat dipengaruhi berbagai variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh Komunikasi Kelompok terhadap tingkat partisipasi perempuan dalam kegiatan SPP.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Bahasa Inggris
Pengguna Deposit: tik 11 . Digilib
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:06
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 03:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17689

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir