EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI REAKSI OKSIDASI-REDUKSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA

0743023036, Mimi Sundari (2011) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI REAKSI OKSIDASI-REDUKSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER 2.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (166Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (467Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4 fix.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (306Kb)
[img] File PDF
bab 5.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (10Kb)
[img] File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (14Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E pada materi reaksi reduksi-oksidasi untuk meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep siswa. Model pembelajaran Learning Cycle 3E yang digunakan terdiri dari 3 fase, yaitu : (1) exploration, (2) explanation, (3) elaboration. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Gadingrejo semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012 yang berjumlah 248 siswa, kemudian ditentukan sampel dalam penelitian adalah kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol yang memiliki karakteristik hampir sama. Pene litian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran Learning Cycle 3E diukur berdasarkan perbedaan gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-gain keterampilan menyimpulkan untuk kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 0,75 dan 0,50; dan rerata n-gain penguasaan konsep untuk kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 0,42 dan 0,37. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan model pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki keterampilan menyimpulkan yang lebih tinggi diban dingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3E efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan. Namun demikian pada penguasaan konsepnya, kelas eksperimen memiliki penguasaan konsep yang lebih rendah dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci: pembelajaran Learning Cycle 3E, keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:46
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 03:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17736

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir