0743023036, Mimi Sundari (2011) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI REAKSI OKSIDASI-REDUKSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA. Digital Library.
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (163Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER 2.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (166Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (467Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4 fix.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (306Kb) |
||
File PDF
bab 5.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (10Kb) |
||
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (14Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E pada materi reaksi reduksi-oksidasi untuk meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep siswa. Model pembelajaran Learning Cycle 3E yang digunakan terdiri dari 3 fase, yaitu : (1) exploration, (2) explanation, (3) elaboration. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Gadingrejo semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012 yang berjumlah 248 siswa, kemudian ditentukan sampel dalam penelitian adalah kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol yang memiliki karakteristik hampir sama. Pene litian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran Learning Cycle 3E diukur berdasarkan perbedaan gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-gain keterampilan menyimpulkan untuk kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 0,75 dan 0,50; dan rerata n-gain penguasaan konsep untuk kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 0,42 dan 0,37. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan model pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki keterampilan menyimpulkan yang lebih tinggi diban dingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3E efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan. Namun demikian pada penguasaan konsepnya, kelas eksperimen memiliki penguasaan konsep yang lebih rendah dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci: pembelajaran Learning Cycle 3E, keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA |
Pengguna Deposit: | IC-STAR . 2015 |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 03:46 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2016 03:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17736 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |