PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP INTENSITAS PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2009 (Studi pada Kelurahan Yosorejo Kota Metro)

0516021018, ARIF MASYHAR (2012) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP INTENSITAS PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2009 (Studi pada Kelurahan Yosorejo Kota Metro). DIgital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I edisi revisi terahir.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (6Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mengetahui seberapa besar tingkat pendidikan mempengaruhi intensitas partisipasi politik masyarakat pada pemilihan umum legislatif 2009. Rumusan masalah penelitian ini adalah seberapa besarkah pengaruh tingkat pendidikan terhadap intensitas partisipasi politik masyarakat dalam pemilu legislatif 2009 di Kelurahan Yosorejo. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data terdiri dari data primer yaitu beasal dari responden tingkat pendidikan dasar sejumlah 20 responden, pendidikan menengah 54 responden, pendidikan tinggi sejumlah 24 responden dan data sekunder. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah menurut Burhan Bungin dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 98 orang. Teknis analisis data yang digunakan adalah Analisis Korelasi Spearman (rs), koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa tingkat pendidikan mempunyai pengaruh terhadap intensitas partisipasi politik dan dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin tinggi pula intensitas partisipasi politik yang terjadi, begitupun sebaliknya. Hal ini di dasarkan pada hasil pengkategorian yang menghasilkan data, masyarakat yang berpendidikan rendah, masuk kategori pengaruh terhadap intensitas partisipasi politiknya rendah, yakni sebesar 45%. Masyarakat yang berpendidikan menengah, masuk kategori pengaruh terhadap intensitas partisipasi politiknya tinggi, yakni sebesar 70,37%. Masyarakat yang berpendidikan tinggi, masuk kategori pengaruh terhadap intensitas partisipasi politiknya tinggi, yakni sebesar 75%. Mengenai pengaruh diantara tingkat pendidikan terhadap intensitas partisipasi politik yang terjadi pada Kelurahan Yosorejo masuk kedalam kategori tinggi atau kuat berdasarkan hasil perhitungan SPSS menggunakan rumus Spearman dengan nilai r sebesar 0,873. kata kunci : tingkat pendidikan, intensitas partisipasi politik

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: tik 12 . Digilib
Date Deposited: 15 Jan 2016 06:53
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 06:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17824

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir