PENGARUH CITRA MEREK PRODUK KARTU XL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNVERSITAS LAMPUNG)

0411011093, Lulus Pujo Prawira (2012) PENGARUH CITRA MEREK PRODUK KARTU XL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNVERSITAS LAMPUNG). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
3. ABSTRAK Indonesia.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. ABSTRACT english .pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. BAB I PENDAHULUAN revisi 1.pdf

Download (584Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
15. BAB V simpulan saran.pdf

Download (224Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Citra merek adalah deskripsi tentang asosiasi dan keyakinan konsumen terhadap merek tertentu. Citra merek memiliki 3 variabel yaitu citra pembuat (corporate image), citra pemakai (user image), dan citra produk (product image). Isu mengenai citra merek mulai berkembang seiring dengan persaingan bisnis yang smakin ketat sehingga menyebabkan kebutuhan konsumen tidak lagi terbatas pada fungsi utama yang biasa diberikan pada suatu produk, tetapi berkembang menjadi kebutuhan sekunder yaitu keinginan pada suatu merek. Salah satu kartu seluler yang dikenali masyarakat adalah produk kartu XL. Kartu XL selalu memberikan kemudahan kepada konsumen dalam berkomunikasi berupa fasilitas-fasilitas yang terdapat di dalam kartu seluler, oleh karena itu pokok masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: apakah citra merek berpengaruh terhadap keputusan untuk membeli produk kartu XL pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas lampung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk kartu XL. Hipotesis yang diajukan Lulus Pujo Prawira dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh citra merek terhadap keputusan untuk membeli produk kartu XL pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Lampung yang masih aktif, yang dilakukan dengan non probality sampling dan setelah dilakukan perhitungan sampel yang diperoleh adalah sebanyak 65 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan cara menganalisis kesalahan berdasarkan teori-teori yang berhubungan dengan citra merek terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk kartu XL dan kemudian dikaitkan dengan data hasil penyebaran kuesioner pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas lampung. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan analisis regresi logistik. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa citra pembuat, citra pemakai dan citra produk signifikan pada tingkat signifikan yang digunakan yaitu 0,05 dengan probabilitas masing-masing X1= 0,028, X2= 0,020, X3= 0,036. Uji ketepatan model regresi diukur dengan nilai chi square dari uji Nilai Hosmer and Lemeshow Test (X2). Pada model ini nilai chi square sebesar 4,573 dengan level keyakinan sebesar 0,712 , artinya bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima. Nilai Nagelkerke R2 = 0,712. Artinya, bahwa variabel-variabel citra pembuat (X1), citra pemakai (X2), dan citra produk (X3) mampu mempengaruhi keputusan pembelian (Y) sebesar 71,20% sedangkan sisanya 28,80% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Saran yang dapat diberikan untuk PT Exelcomindo Pratama tbk bahwa Citra Pemakai (user image) perlu diperhatikan, karena variabel ini terbukti mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian pada produk kartu, untuk lebih kreatif lagi dalam mengembangkan jaringan, fitur – fitur yang terdapat dalam kartu, dan tarif demi untuk kenyamanan pemakai produk Abstract Brand image is a description of the associations and consumer confidence to a particular brand. Brand image has three variables, corporate image, user image, and product image. The issue of brand image began to evolve with increasingly tight business competition resulting in consumers' needs are no longer limited to the usual primary function is given on a product, but developed into a secondary requirement is a willingness on a brand. One of the recognized cellular card society is the product of XL card. L cards always provide convenience to consumers in the form of communication facilities that exist in cellular card, therefore the principal issues discussed in this study are: whether the brand image influence the decision to purchase the XL card products on the students of economics faculty of Lampung University? This study aims to determine the influence the brand image of the consumer decision to purchase the XL card products. The hypothesis of this research is the influence of brand image against a decision to purchase the XL card products on the students of economics faculty of Lampung University which is still active, conducted with non probality sampling and after the sample calculation is obtained by 65 respondents. The analysis method are qualitative analysis and quantitative analysis. Qualitative analysis was done by analyzing the errors based on the theories associated with the brand image of the consumer decision to purchase products XL card and then the data associated with the spread of the questionnaire results on students of economic faculties of Lampung university. Quantitative analysis carried out using logistic regression analysis. Based on the calculations, that the Corporate Image, user image and product image is significant at the significance level used is 0.05 with respective probabilities X1 = 0.028, X2 = 0.020, X3 = 0.036. Test the accuracy of the regression model is measured by the value of chi square test of Hosmer and Lemeshow Test Score (X2). In this model chi square value of 4.573 with a confidence level of 0.712, means that the hypothesis can be accepted. The value of Nagelkerke R2 = 0.712. This means that the corporate image variables (X1), the user image (X2), and the product image (X3) are able to influence the purchase decision (Y) equal to 71.20% while the remaining 28.80% influenced by other variables outside the model. Advice can be given to PT Excelcomindo Pratama tbk that user image should be noted, because these variables proved to have a dominant influence on purchasing decisions on card products, for more creative in developing the network, the features contained in the cards, and prices for the sake of convenience to users of the product.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 15 Jan 2016 07:02
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 07:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17880

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir