ANALISIS WILLINGNESS TO PAY MASYARAKAT TERHADAP ENINGKATAN KUALITAS AIR BERSIH ( RUMAH TANGGA) PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) WAY RILAU KOTA BANDAR LAMPUNG (Kasus : Kelurahan Sidodadi)

0811021061, Mardiansyah (2012) ANALISIS WILLINGNESS TO PAY MASYARAKAT TERHADAP ENINGKATAN KUALITAS AIR BERSIH ( RUMAH TANGGA) PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) WAY RILAU KOTA BANDAR LAMPUNG (Kasus : Kelurahan Sidodadi). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
04. BAB I.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ANALISIS WILLINGNESS TO PAY MASYARAKAT TERHADAP PENINGKA (1).pdf

Download (13Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Way Rilau adalah salah satu Perusahaan Daerah yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung, yang memberikan pelayanan penyedian air bersih dengan tujuan memberikan pelayanan air bersih bagi seluruh masyarakat secara adil dan merata, terus menerus sesuai dengan persyaratan higienis. Dengan demikian, perlu ditingkatkan dari ukuran kualitas dan penyaluran air tersebut maka dapat diukur kemaun konsumen/pelanggan untuk membayar produk atau jasa yang diterima. Berdasarkan urain tersebut, permasalahan dalam penelitian ini adalah kualitas air yang dilakukan PDAM Way Rilau relatif kurang bersih, serta air mengandung zat kimia/besi (Fe+2) (Tribun Lampung, 6 Maret 2010 : Pengaduan Konsumen). Tingkat kelancaran penyaluran air tidak baik. Berapa nilai Willingness to Pay masyarakat untuk meningkatkan kulaitas air bersih pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Way Rilau di Keurahan Sidodadi. Serta Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Willingness to Pay mayarakat terhadap peningkatan kualitas air bersih pada PDAM Way Rilau di Kelurahan Sidodadi. Adapun tujuannya adalah Untuk mengetahui nilai Willingness to Pay masyarakat terhadap peningkatan kualitas pelayanan air bersih PDAM Way Rilau di Kelurahan Sidodadi. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor-faktor Willingness to Pay masyarakat terhadap peningkatan kualitas air bersih PDAM Way Rilau di Kelurahan Sidodadi. Mardiansyah Berdasarkan hasil penelitian dengan cara menyebarkan kuisioner kepada 72 responden atau pelanggan menunjukkan bahwa besarnya WTP dalam peningkatan kualitas air bersih pada PDAM Way Rilau di Kelurahan Sidodadi adalah Rp. 2.800,-. Secara keseluruhan pendapatan perbulan (X1), kualitas air X2, dan frekuensi penggunaan air (X3) berpengaruh terhadap WTP pada tingkat kepercayaan 95 %. Hal ini didasari pada Uji F yang menunjukkan bahwa besarnya nilai F hitung ketiga variabel bebas adalah 98,751 > F tabel yaitu 3,15. Pengujian hipotesis secara parsial dengan menggunakan Uji t menunjukkan bahwa pendapatan perbulan (X1), kualitas air X2, dan frekuensi penggunaan air (X3) berpengaruh terhadap WTP pada PDAM Way Rilau, karena nilai t hitung yang diperoleh pada masing-masing variabel bebas lebih besar dari pada t tabel pada taraf kepercayaan 95 %. Perbandingannya adalah pendapatan perbulan (X1) dengan perbandingan 8,280 > 2,000, Kulitas air (X2) dengan perbandingan 3,209 > 2,000, dan ferekuensi penggunaan air (X3) dengan perbandingan 5,544 > 2,000. Dengan demikian maka H0 ditolak dan Ha diterima

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 15 Jan 2016 07:04
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 07:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17892

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir