FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEREMPUAN MEMILIH METODE AKUPUNKTUR DALAM UPAYA MENURUNKAN BERAT BADAN (Studi Pada Pasien Perempuan Klinik Pengobatan Akupunktur Rosa Calista Bandar Lampung)

NN, Tita Yuliastuti (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEREMPUAN MEMILIH METODE AKUPUNKTUR DALAM UPAYA MENURUNKAN BERAT BADAN (Studi Pada Pasien Perempuan Klinik Pengobatan Akupunktur Rosa Calista Bandar Lampung). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK. Perempuan berupaya menurunkan berat badan dengan tujuan untuk menjaga penampilan merupakan fenomena yang ada dalam masyarakat modern sebagai akibat berkembangnya kapitalisme. Perempuan modern yang serba instan dan praktis cenderung berupaya menurunkan berat badan dengan teknologi medis profesional. Tetapi kenyataan di lapangan, ditemukan tidak sedikit perempuan kota Bandar Lampung menggunakan jasa pengobatan akupunktur sebagai sumber pengobatan alternatif untuk menurunkan berat badan. Fenomena diataslah yang membuat Penulis tertarik dan sekaligus juga sebagai tujuan penelitian untuk mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perempuan menurunkan berat badan, upaya perilaku kesehatan yang dilakukan dalam menurunkan berat badan dan alasan memilih metode akupunktur dalam upaya menurunkan berat badan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam studi ini yaitu wawancara mendalam dengan pertanyaan yang bersifat terbuka, dipandu dengan pedoman wawancara. Kemudian data dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Selanjutnya yang dijadikan informan berjumlah 4 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa yang mempengaruhi perempuan menurunkan berat badan adalah adanya konsep diri, tuntutan sosial dan tuntutan lingkungan. Berdasarkan perilaku kesehatan Suchman, dalam upaya menurunkan berat badan yang lebih sering dilakukan oleh para informan adalah shopping. Sedangkan menurut Kalangie, dalam upaya menurunkan berat badan yang dominan dilakukan oleh para informan yaitu dengan pengobatan alternatif. Alasan dominan para informan memilih metode akupunktur karena bersifat alami. Kata Kunci: perempuan, akupunktur, berat badan

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Bahasa Inggris
Pengguna Deposit: tik 11 . Digilib
Date Deposited: 15 Jan 2016 07:07
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 07:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17914

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir