0853023053, Sulis Setyowati (2011) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI REAKSI OKSIDASI-REDUKSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA. Digital Library.
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Persetujuan.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. MENGESAHKAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. PERSEMBAHAN.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. MOTTO.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. SANWACANA.pdf Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. Daftar Isi.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. Daftar Tabel.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab i.pdf Download (267Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab ii.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab iii.pdf Download (450Kb) | Preview |
|
File PDF
bab iv.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (622Kb) |
||
File PDF
bab v.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (10Kb) |
||
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (16Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Efektivitas pembelajaran merupakan suatu ukuran yang berhubungan dengan ting kat keberhasilan dari suatu proses pembelajaran. Pembelajaran dikatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa apabila secara statistik hasil belajar siswa me nunjukan perbedaan yang signifikan antara pemahaman awal dengan pemahaman setelah pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran learning cycle 3E dalam meningkatkan keterampilan mengelom pokkan dan penguansaan konsep melalui reaksi oksidasi-reduksi. Model pembe lajaran learning cycle 3E terdiri dari 3 fase yaitu fase eksplorasi (exploration), fase penjelasan konsep (explaination) dan Fase penerapan konsep (elaboration). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Gadingrejo kelas X2 dan X4 semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012 yang memiliki karakteristik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,52 dan 0,77 dan rata-rata n-Gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0.37 dan 0,42. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki kete rampilan mengelompokkan yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembe lajaran konvensional, dan kelas dengan pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki penguasaan konsep yang lebih rendah dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3E efektif dalam meningkat-kan keterampilan mengelompokkan tetapi kurang efektif dalam penguasaan konsep. Kata kunci: Learning Cycle 3E, keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | IC-STAR . 2015 |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 04:00 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2016 04:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17920 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |