Faktor-faktor Penyebab Zapping Pada Audiens Televisi (Studi pada audiens tayangan televisi Take Me Out Indosiar Di keluarahan Kampung Baru Bandar Lampung)

Nn, Gilang Permata Sari (2012) Faktor-faktor Penyebab Zapping Pada Audiens Televisi (Studi pada audiens tayangan televisi Take Me Out Indosiar Di keluarahan Kampung Baru Bandar Lampung). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (12Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Media massa saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Baik media cetak maupun elektronik. Hal tersebut tidak lepas dari peranan masyarakat yang dalam zaman modern ini mempunyai kehidupan dengan mobilitas tinggi. Berbagai macam informasi pun dibutuhkan untuk dapat menjalani aktivitasnya sehari-hari. Sehingga media massa menjadi pilihan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi. Televisi, salah satu jenis media massa elektronik ini juga mengalami sebuah kemajuan yang pesat. Kemajuan tersebut dapat dilihat dari kemampuan sebuah stasiun televisi menayangkan tayangan yang bersifat hiburan dan informasi. Semua stasiun televisi berlomba-lomba menyajikan tayangan yang dapat menjadi pilihan masyarakat sebagai audiens. Tayangan yang memberikan hiburan, sangat besar perannya bagi masyarakat disamping tayangan yang memberikan informasi. Dari situlah muncul berbagai ide untuk membuat tayangan yang sifatnya menghibur pada audiens. Salah satu stasiun televisi, Indosiar merupakan stasiun televisi swasta nasional yang menjadi salah satu bagian dari perkembangn media massa dalam televisi juga mengalami hal tersebut. Berbagai tayangan ditampilkannya. Baik yang bersifat hinuran dan informasi. Tayangan televisi Take Me Out, merupakan salah satu tayangan yang berkonsep sebagai ajang pencarian jodoh merupakan salah satu tayangan andalan yang ada di Indosiar. Pengemasan tayangan tersebut terbilang menarik. Sehingga banyak masyarakat yang senang akan tayangan tersebut. Dalam waktu beberapa minggu saja, tayangn tersebut sudah mampu menyedot banyak audiens untuk menonton tayangan yang menghibur tersebut. Semakin lama, tayangan tersebut menjadi tayangan yang memiliki jumlah penonton/ rating yang tinggi untuk kategori tayangan yang memberikan hiburan dalam stasiun televisi Indosiar. Hal tersebut menjadi salah satu peluang bisnis bagi beberapa kalangan. Melihat animo audiens yang tinggi pada tayangan tersebut, menggugah banyak bro iklan untuk memasarkan produk kliennya dengan menampilkan tayangan iklan produk mereka dalam jeda tayangan yang disediakan. Jeda tayangan yang berlangsung delama beberapa menit itu, menyebabkan audiens yang sedang ingin mencari hiburan merasa terganggu. Sehingga muncul fenomena Zapping. Yaitu sebuah perilaku audiens yang memindahkan saluran televisi ketika terjadi muncul tayangan iklan. Hal tersebut tentu meresahkan pihak pemasang iklan. Karena iklan yang mereka tampilkan tidak diperhatikan secara penuh oleh audiens. Zapping itu sendiri harus diketahui faktor-faktor penyebabnya sehingga para pemasang iklan dapat membuat iklan yang sesuai dengan keinginan audiens. Dalam penelitian ini, ditemukan banyak faktor yang menyebabkan audiens melakukan zapping. Diantaranya, faktor tayangan ilkan yang kurang menarik karena konsep skenario yang tidak kreatif, adanya tayangan di satasiun lain yang lebih menarik, tayangan iklan yang tidak mendidik, lamanya durasi iklan, juga karena adanya teknologi remote control.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: tik9 . Digilib
Date Deposited: 15 Jan 2016 07:08
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 07:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17927

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir