PENERAPAN METODE SOCRATES PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DITINJAU DARI PROSES BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013)

Samsudin, ARIFAN AL QHOMAIRI (2014) PENERAPAN METODE SOCRATES PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DITINJAU DARI PROSES BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (201Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (193Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (287Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1048Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika menggunakan metode socrates dengan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X6 SMA Negeri 15 Bandarlampung sebanyak 39 siswa. Pembelajaran menggunakan metode socrates dengan pendekatan kontekstual memuat dialog atau diskusi yang dipimpin oleh guru dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan dari suatu masalah untuk menguji validitas keyakinan siswa atas jawaban dari suatu permasalahan yang diberikan agar dapat memberikan kesimpulan yang benar secara konstruktif yang dikaitkan dengan permasalahan aktual. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pem-belajaran menggunakan metode socrates dengan pendekatan kontekstual berlangsung dengan baik, hal tersebut ditunjukkan dari kelengkapan ke-terlaksanaan pembelajaran hasil observasi aktifitas guru mulai dari pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup serta lebih dari 75% siswa aktif pada setiap pertemuan. Hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa kriteria kemampuan berpikir kritis yang mendominasi terdapat pada kriteria baik yaitu sebanyak 30,77% siswa dan kriteria cukup sebanyak 69,23% siswa. Sedangkan nilai rata-rata seluruh siswa adalah 66,28 yang dapat dikategorikan dalam kriteria cukup. Secara umum penerapan metode socrates pada pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual berjalan cukup baik jika ditinjau dari proses dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X6 SMA Negeri 15 Bandarlampung Tahun Ajaran 2012/2013. Kata Kunci : kemampuan berpikir kritis, metode socrates, pendekatan kontekstual, proses belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QA Mathematics
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 31 May 2014 05:17
Terakhir diubah: 31 May 2014 05:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1801

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir