PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0613021037, PURWATI INDAH SARI (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0613021037-abstrak.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613021037-pendahuluan.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613021037-kesimpulan.pdf

Download (27Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Keberhasilan pembelajaran matematika dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa kelas X 2 2 SMA YP Unila Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2009/2010 rendah. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran guru yang masih berupa pembelajaran langsung memberikan kontribusi terhadap rendahnya aktivitas belajar siswa dan berpengaruh pada hasil belajar yang diperoleh. Pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa, yang sesuai untuk menindaklanjuti masalah tersebut adalah model kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas X 2 SMA YP Unila Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2009/2010 melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Faktor yang diteliti adalah aktivitas siswa dan hasil belajar matematika siswa yang meliputi ketuntasan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X 2 SMA YP Unila Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2009/2010 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, STAD

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 15 Jan 2016 04:08
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 04:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18033

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir