PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FLUIDA STATIS BERBASIS MODEL SIKLUS BELAJAR UNTUK SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDARLAMPUNG

0613022038, Lia Astrina PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FLUIDA STATIS BERBASIS MODEL SIKLUS BELAJAR UNTUK SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDARLAMPUNG. Digilib Library.

[img]
Preview
Text
0613022038-abstract.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0613022038-abstrak.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0613022038-kesimpulan.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0613022038-pendahuluan.pdf

Download (59Kb) | Preview

Abstrak

LKS yang digunakan siswa di SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung masih terbatas pada pembuktian prinsip dan konsep, dan fasilitas seperti laboratorium dan perpustakaan, belum dimanfaatkan secara optimal. LKS yang dibutuhkan siswa adalah LKS yang yang mampu membelajarkan siswa secara menyeluruh. Sehingga dapat menumbuhkan kemampuan berpikir untuk memecahkan masalah, merangsang siswa untuk melakukan suatu kegiatan, serta melatih cara berpikir, bekerja, bersikap ilmiah, dan berkomunikasi. Berdasarkan kondisi tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah dibutuhkan LKS Fluida Statis yang sesuai digunakan untuk pembelajaran fisika di kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung. Tujuan penelitian ini adalah mewujudkan LKS fluida statis berdasarkan model siklus belajar untuk pembelajaran fisika kelas XI, dengan memanfaatkan fasilitas sekolah. Prosedur penelitian yang telah dilakukan dalam pengembangan LKS fluida statis berbasis model siklus belajar ini terdiri dari lima tahap yaitu, analisis kebutuhan, desain pengembangan, pengembangan produk, evaluasi produk dan pencetakan produk. Evaluasi yang pertama dilakukan uji ahli materi, dengan skor hasil uji sebesar 2,84. Setelah dikonversikan materi dalam LKS dapat dikategorikan sesuai dengan standar BSNP. Evaluasi yang kedua dilakukan uji ahli desain, dengan skor hasil uji sebesar 2,95. Setelah dikonversikan desain media hasil pengembangan dikategorikan baik dan sesuai dengan model siklus belajar. Evaluasi yang ketiga dilakukan uji keefektifan dan kemenarikan LKS yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung. Berdasarkan hasil uji keefektifan diperoleh hasil 90,3% siswa memperoleh nilai di atas KKM. Sementara untuk uji kemenarikan telah dilakukan wawancara kepada beberapa siswa yang telah mengalami pembelajaran dengan menggunakan LKS hasil pengembangan, dan berdasarkan analisis hasil wawancara LKS hasil pengembangan dikategorikan menarik.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 15 Jan 2016 04:09
Last Modified: 15 Jan 2016 04:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18040

Actions (login required)

View Item View Item