PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IMPULS DAN MOMENTUM BERBASIS MODEL SIKLUS BELAJAR UNTUK SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 RUMBIA

0613022051, Tri Ratnawati PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IMPULS DAN MOMENTUM BERBASIS MODEL SIKLUS BELAJAR UNTUK SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 RUMBIA. Digilib Library.

[img]
Preview
Text
0613022051-abstract.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0613022051-abstrak.pdf

Download (34Kb) | Preview

Abstrak

Media yang digunakan siswa SMAN 1 Rumbia sudah cukup beragam, hanya saja belum terdapat lembar kerja yang dapat mengembangkan kreativitas dan melatih kemandirian siswa dalam semua materi. Sementara LKS yang bisa dijumpai dipasaran kurang mendukung terlaksananya hal tersebut. Oleh karena itu, dilakukanlah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan LKS yang dapat dijadikan alternatif sumber belajar dengan menerapkan model siklus belajar. Prosedur penelitian yang telah dilakukan dalam kegiatan pengembangan ini meliputi enam prosedur pengembangan produk dan uji produk, yaitu:(1) Analisis kebutuhan, (2) analisis materi, (3) pengembangan produk, (4) evaluasi, berupa uji formatif yaitu uji ahli materi, uji ahli desain dan dilanjutkan dengan uji kelompok kecil (5) revisi produk, (6) pencetakan produk. Produk yang dihasilkan adalah LKS impuls dan momentum yang disusun berdasarkan model siklus belajar. Sebuah LKS yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa, yang belum ditemukan sepenuhnya pada LKS yang telah ada di pasaran. Hasil evaluasi untuk melihat keefektifan dan kemenarikan produk dilakukan kepada siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Rumbia. Hasilnya sebanyak 81,8% siswa mampu mencapai KKM yang ditentukan dan dari hasil wawancara diketahui bahwa 78,8% responden menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan LKS hasil pengembangan tersebut menarik.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 15 Jan 2016 04:09
Last Modified: 15 Jan 2016 04:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18041

Actions (login required)

View Item View Item