PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

0613023021, DIAN PUTRIANGGRENI (2016) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0613023021-ABSTRAK.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613023021-PENDAHULUAN.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613023021-KESIMPULAN.pdf

Download (27Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil wawancara terhadap 12 guru kimia pada berbagai SMA di Bandar Lampung diperoleh informasi bahwa 91,7% belum menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan 8,3% telah menggunakan LKS, namun LKS yang digunakan belum dirancang berdasarkan indikator keterampilan generik sains. Oleh karena itu, perlu dirancang LKS berbasis keterampilan generik sains pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit.. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKS berbasis KGS dan mengetahui (1) tingkat keterbacaan dan keterlaksanaan LKS; (2) peningkatan keterampilan generic sains setelah menggunakan LKS berbasis KGS. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada alur pengembangan Media Instruksional (Sadiman, 1996). Tahapan penelitian yang telah dilaksanakan dimulai dari analisis kebutuhan sampai dengan revisi LKS kedua. Uji ahli dilakukan oleh dua Dian Putri Anggreni orang dosen dan dua orang guru kimia sedangkan uji coba terbatas dilaksanakan di SMA Arjuna Bandar Lampung terhadap 25 siswa kelas X.3, metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan one group pre-test and post-test. Hasil dari penelitian ini adalah (1) LKS kimia berbasis keterampilan generik sains mempunyai persentase tingkat keterbacaan yaitu 77,1% dan tingkat keterlaksanaan yaitu 75,29% dengan kriteria tinggi, artinya sebagian besar siswa mampu menyerap isi pesan dan melaksanakan LKS dengan baik. (2) peningkatan keterampilan generik sains untuk (a) bahasa simbolik 0,5; (b) hukum sebab akibat 0,49; (c) pengamatan tak langsung 0,44; (d) membangun konsep 0,44 yang menurut Hake keempatnya berkriteria sedang. (3) Tanggapan siswa dan guru mengenai LKS yang dikembangkan adalah (a) keunggulannya menurut siswa yaitu dapat terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran dan lebih mudah melakukan percobaan, sedangkan menurut guru dapat membantu untuk melatihkan keterampilan generik sains siswa; (b) kelemahannya menurut siswa yaitu kurangnya ilustrasi gambar pendukung materi sedangkan menurut guru mahalnya biaya yang diperlukan untuk mencetak LKS yang dikembangkan.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 15 Jan 2016 04:09
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 04:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18042

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir