ANALISIS PENEGAKAN HUKUM KEJAHATAN TERHADAP KEMANUSIAAN (CRIMES AGAINTS HUMANITY) SEBAGAI BENTUK PELANGGARAN HAM YANG BERAT DI INDONESIA

0612011115, DEWI EVILIA NAPITUPULU (2012) ANALISIS PENEGAKAN HUKUM KEJAHATAN TERHADAP KEMANUSIAAN (CRIMES AGAINTS HUMANITY) SEBAGAI BENTUK PELANGGARAN HAM YANG BERAT DI INDONESIA. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK DEWI EVILIA NAPITUPULU.pdf

Download (103Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Negara Indonesia adalah negara hukum yang menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia. Undang-undang dibuat bertujuan untuk menegakan hukum terhadap pelanggaran HAM berat yang ada di Indonesia. Pelanggaran HAM berat yang terjadi di Indonesia adalah kejahatan terhadap kemanusiaan. Kejahatan terhadap kemanusiaan merupakan salah satu perbuatan yang dilakukan sebagai bagian serangan yang meluaskan atau sistematis yang ditujukan secara langsung terhadap masyarakat atau penduduk sipil. Contok kasus kejahatan kemanusiaan yang pernah terjadi di Indonesia adalah kasus TimurTimor, kasus Tanjung Periok, kasus Abepura, kasus Semanggi dan yang terakhir adalah kasus Trisakti. Penegakan hukum kejahatan terhadap kemanusian tidaklah mudah, karena banyaknya kepentingan yang ada di dalamnya dan berbagai kendala yang harus dihadapi oleh para penegak hukum dalam menyelesaikan kasus-kasus kejahatan terhadap kemanusiaan. Berdasarkan hal di atas maka permasalahan yang diangkat di dalam skripsi ini adalah bagaimanakah penegakan hukum kejahatan terhadap kemanusiaan sebagai bentuk pelanggaran HAM berat di Indonesia dan faktor-faktor apakah yang menjadi penghambat dalam penegakan hukum kejahatan terhadap kemanusiaan sebagai bentuk pelanggaran HAM yang berat di Indonesia.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: Digilib1 . Digilib
Date Deposited: 15 Jan 2016 07:20
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 07:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18050

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir