K DAMPAK PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI-KELAUTAN DAN PERIKANAN (PNPM MANDIRI-KP) TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT NELAYAN (Studi Kasus Pada Masyarakat Penerima Manfaat Program di Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran)

0611021023, SELI ERVIANI (2012) K DAMPAK PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI-KELAUTAN DAN PERIKANAN (PNPM MANDIRI-KP) TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT NELAYAN (Studi Kasus Pada Masyarakat Penerima Manfaat Program di Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (6Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak PNPM Mandiri-KP merupakan upaya pemerintah yang bermuara kepada program penanggulangan kemiskinan. PNPM Mandiri-KP itu sendiri adalah singkatan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri-Kelautan dan Perikanan yang merupakan salah satu proyek nasional yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia dalam rangka menanggulangi berbagai persoalan kemiskinan yang terjadi di masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dan manfaat bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri-Kelautan dan Perikanan (PNPMMKP). Hipotesis yang dapat diajukan adalah bantuan program PNPM-MKP berpengaruh nyata memberikan peningkatan pendapatan usaha masyarakat nelayan di Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Yaitu analisis tabel yang digunakan untuk mengetahui manfaat dari bantuan program PNPM Mandiri-KP dan melakukan uji perbedaan dua rata-rata untuk mengetahui perubahan tingkat pendapatan usaha masyarakat antara sebelum dan sesudah adanya bantuan program PNPM Mandiri-KP. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan masyarakat penerima bantuan program PNPM Mandiri-KP di Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran yang berjumlah 86 orang, dan keseluruhannya dijadikan sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari hasil uji perbedaan dua rata-rata diketahui nilai z hitung (4,483) > t tabel (1,96) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti secara statistik terjadi peningkatan pendapatan ratarata usaha masyarakat antara sesudah dan sebelum adanya bantuan program PNPM Mandiri-KP di Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran, yaitu dapat meningkatkan pendapatan sebesar 22,50%. Selain itu bantuan program PNPM Mandiri-KP juga memberikan manfaat dalam meningkatkan pendapatan usaha masyarakat nelayan antara lain bantuan yang diberikan digunakan untuk mendukung usaha yang dikelola sehingga dapat mengembangkan usahanya dan dengan adanya bantuan program PNPM MandiriKP tersebut, masyarakat dapat meningkatkan pendapatan usahanya.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 15 Jan 2016 07:39
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 07:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18125

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir