FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA PENYULUH PERTANIAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI JAGUNG DI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

nn, An Nissa Arjulia1, Tubagus Hasanuddin2, Suarno Sadar2 (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA PENYULUH PERTANIAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI JAGUNG DI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. digital library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan dan saran.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pendahuluan.pdf

Download (101Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tingkat kinerja penyuluh pertanian di Kecamatan Natar, (2) Tingkat pendapatan usahatani petani jagung di Kecamatan Natar, (3) Faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja penyuluh pertanian di Kecamatan Natar, (4) Hubungan antara kinerja penyuluh dengan tingkat produksi jagung di Kecamatan Natar, (5) Hubungan antara tingkat produksi jagung dengan tingkat pendapatan usahatani petani jagung di Kecamatan Natar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November - Desember 2009. Pengambilan sampel dilakukan secara sensus untuk penyuluh sebanyak 15 orang dan proposional random sampling untuk petani sebanyak 87 orang. Metode penelitian menggunakan metode survei, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tingkat kinerja penyuluh pertanian di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan secara umum berada pada klasifikasi sedang, (2) Tingkat pendapatan petani jagung di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan berada pada klasifikasi sedang dengan rata-rata pendapatan selama satu tahun sebesar Rp 12.926.038,00/ha, (3) Faktor-faktor yang berhubungan nyata dengan tingkat kinerja penyuluh pertanian adalah pengalaman kerja penyuluh, pendapatan penyuluh yang diikuti penyuluh dan pelatihan sedangkan yang tidak berhubungan nyata adalah tingkat pendidikan penyuluh, (4) Tidak terdapat hubungan nyata antara tingkat kinerja penyuluh pertanian dengan tingkat produksi jagung di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, (5) Terdapat hubungan nyata antara tingkat kinerja penyuluh pertanian dengan tingkat pendapatan petani jagung di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Bahasa Inggris
Pengguna Deposit: tik 11 . Digilib
Date Deposited: 15 Jan 2016 08:18
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 08:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18187

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir