Harry Haryono, 0813024032 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Tidak diterbitkan)
|
File PDF
1. Cover Depan.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. Abstrak.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Cover Dalam.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Halaman Persetujuan.pdf Download (537Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Halaman Pengesahan.pdf Download (415Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Pernyataan.pdf Download (253Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Riwayat Hidup.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. Persembahan.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Motto.pdf Download (227Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. Sanwacana.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Isi.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. Daftar Tabel.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. Daftar Gambar.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. Bab 1.pdf Download (183Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. Bab 2.pdf Download (148Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Bab 3.pdf Download (309Kb) | Preview |
|
File PDF
4. Bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (568Kb) |
||
|
File PDF
5. Bab 5.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Daftar Pustaka.pdf Download (230Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung menunjukkan bahwa penguasaan materi siswa masih rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa adalah penggunaan multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam meningkatkan penguasaan materi dan aktivitas belajar oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretest-posttest kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIC dan VIID yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji U. Data kualitatif berupa data skor aktivitas belajar, serta tanggapan siswa yang diperoleh dari angket, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan materi oleh siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 49 dan kelas kontrol sebesar 40. Rata-rata persentase peningkatan aktivitas belajar siswa dalam aspek mengemukakan pendapat/ide, bekerjasama dalam kelompok, mempresentasikan hasil diskusi, dan mengajukan pertanyaan yang diamati pada kelas eksperimen yakni 60,32% yang berkriteria cukup dengan standar deviasi 0,69. Namun pada aspek mempresentasikan hasil diskusi rata-rata persentase aktivitas belajar siswa yakni 48,41% yang berkriteria kurang. Sedangkan rata-rata persentase peningkatan aktivitas belajar siswa dalam aspek yang diamati pada kelas kontrol lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen yakni 48,48 yang berkriteria kurang dengan standar deviasi 0,57. Namun pada aspek mengemukakan pendapat atau ide dan bekerjasama dalam kelompok rata-rata persentase aktivitas belajar siswa yakni 56,06 dan 55,30 yang masing-masing berkriteria cukup. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan multimedia interaktif. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berpengaruh dalam meningkatkan penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Kata kunci : multimedia interaktif, penguasaan materi, aktivitas belajar, dan ciri-ciri makhluk hidup
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > P Philology. Linguistics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 9854714 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 04:11 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2016 04:11 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18204 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |