ANALISIS PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PEMBAJAKAN KAPAL ASING OLEH PEROMPAK SOMALIA (STUDI KASUS PEMBAJAKAN KAPAL YUNANI)

NN, M Tyson Manullang (2012) ANALISIS PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PEMBAJAKAN KAPAL ASING OLEH PEROMPAK SOMALIA (STUDI KASUS PEMBAJAKAN KAPAL YUNANI). Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
Abstrak_M_Tyson_Manullag.pdf

Download (36Kb) | Preview

Abstrak

Tindakan pembajakan kapal asing yang melewati perairan laut lepas oleh perompak Somalia merupakan sebuah kejahatan yang paling serius yang menyangkut masyarakat internasional. Secara hukum pidana internasional harus ditindak lanjuti. Kita ketahui bahwa pembajakan ini terus saja terjadi sejak tahun 1991 hingga sekarang yang sasarannya kapal-kapal asing yang melewati perairan laut lepas. Akibat dari pembajakan ini adalah banyak kapal-kapal kargo dan kapalkapal pengangkut minyak yang mengalami kerugian cukup besar dikarenakan barang-barang dan minyak yang diangkutnya dirampas dan disandera oleh perompak Somalia. Banyak juga kapal-kapal asing yang melewati perairan di laut lepas dibajak oleh perompak Somalia yang tujuannya hanya untuk memperoleh uang tebusan dari setiap kapal yang mereka bajak. Berdasarkan hal-hal di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dan menganalisis mengenai Mengapa dengan adanya dasar hukum atau konvensi yang mengatur tentang penegakan hukum terhadap tindak pidana pembajakan kapal tetapi penegakan hukum yang dilakukan terhadap perompak Somalia menjadi tidak efektif. Kedua Apakah yang menjadi faktor penghambat dalam penegakan hukum terhadap tindakan pembajakan kapal asing yang dilakukan oleh perompak Somalia.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: Fakultas Hukum > Magister Hukum S2
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 15 Jan 2016 08:37
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 08:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18341

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir