ANALISIS KEUNGGULAN KOMPETITIF DAN KEUNGGULAN KOMPARATIF USAHATANI KAKAO (Theobroma cacao, L.) DI KECAMATAN LIMAU KABUPATEN TANGGAMUS

NN, Indra Jati Wasono and NN, Agus Imron and NN, Eka Kasymir (2012) ANALISIS KEUNGGULAN KOMPETITIF DAN KEUNGGULAN KOMPARATIF USAHATANI KAKAO (Theobroma cacao, L.) DI KECAMATAN LIMAU KABUPATEN TANGGAMUS. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Kesimpulan Dan Saran.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pendahuluan.pdf

Download (11Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif usahatani kakao di Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus. 2) Menganalisis kepekaan keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif usahatani kakao di Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus terhadap perubahan harga input dan output. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Pekon Ampai dan Pekon Pariaman Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dan wawancara kepada petani dengan menggunakan kuisioner (daftar pertanyaan) yang telah dipersiapkan. Responden dalam penelitian ini adalah petani kakao di Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus sebanyak 43 petani yang dipilih dengan metode acak sederhana (simple random sampling). Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara secara langsung dan dinas atau instansi terkait. Untuk menjawab tujuan pertama digunakan analisis Policy Analysis Matrix (PAM), dan untuk menjawab tujuan kedua digunakan analisis sensitivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Usahatani kakao di Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus memiliki keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif dengan nilai PCR (Private Cost Ratio) sebesar 0,24139 dan nilai DRC (Domestic Resource Cost) sebesar 0,16749 sehingga layak dan mengguntungkan untuk diusahakan. 2) Keunggulan kompetitif dan komparatif usahatani kakao di Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus peka terhadap perubahan harga output pada harga privat dan pada harga sosial. Kenaikan ataupun penurunan dari harga kakao akan mempengaruhi keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif usahatani kakao di Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 15 Jan 2016 08:15
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 08:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18394

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir