PERANAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP TANGGUNGJAWAB WARGA NEGARA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 NEGARA BATIN KABUPATEN WAY KANAN TAHUN PELAJARAN 2010

0613032035, PURILEILA (2012) PERANAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP TANGGUNGJAWAB WARGA NEGARA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 NEGARA BATIN KABUPATEN WAY KANAN TAHUN PELAJARAN 2010. Digital library.

[img]
Preview
FIle PDF
abstrak.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
kesimpulan.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
pendahuluan.pdf

Download (82Kb) | Preview

Abstrak

Mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, trampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimankah peranan aktivitas belajar pad mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam pembentukan sikap tanggungjawab warga negara pada siswa kelas VIII SMPN 1 Negara Batin. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang peranan aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn dalam pembentukan sikap tanggungjawb warga negara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif karena penelitian ini bertujuan untuk memaparkan suatu fakta, data, tentang peranan aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn dalam pembentukan sikap tanggungjawab warga negara pada siswa kelas VIII SMPN 1 Negara Batin Kabupaten Way Kanan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 148 responden. Sedangkan sampel pada penelitian ini sebanya 37 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket dan wawancara terhadap siswa kelas VIII. Berdasarkan analisis data pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peranan aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn dalam pembentukan sikap pembentukan tanggungjawab warga negara mempunyai pengaruh yang erat. Dalam hal ini dapat dilihat dari Hasil X2 hitung = 36,25 kemudian dikonsultasikan dengan tabel chi-kuadrat pada derajat kebebasan = 4 maka diperoleh X2 tabel = 9,49 dengan demikian X2 hitung lebih besar dari X2 tabel (X2 hit > X2 tab) yaitu 36,25 > 13,3. Serta mempunyai derajat pengaruh antara variabel dalam kategori tinggi dengan koefisien Chit = 0,70 dan koefisien Cmax = 0,812 terletak pada pengaruh 0,83 koefisien tinggi. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang erat antara peranan aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn terhadap pembentukan sikap tanggung jawab warga negara pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Negara Batin tahun pelajaran 2009 / 2010.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Bahasa Inggris
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 21 Jan 2016 03:26
Terakhir diubah: 21 Jan 2016 03:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18425

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir