PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0543033010, ARIE KURNIAWAN (2012) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pendahuluan.pdf

Download (78Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Dunia pendidikan dewasa ini dihadapkan kepada masalah-masalah yang mendasar yaitu mutu dan kwalitas dari pendidikan itu sendiri. Sehubungan dengan itu sekolah sebagai lembaga pendidikan formal mempunyai peranan penting dalam memenuhi harapan dan tujuan tersebut. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu pemikiran dan perencanaan serta pelaksanaan proses pembelajaran agar berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan. Masalah pendidikan yang muncul saat ini adalah masih rendahnya hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari adanya faktor-faktor yang mempengaruhi suatu proses belajar mengajar yaitu tujuan, materi, sumber belajar, metoda, suasana kelas, fasilitas sekolah dan evaluasi. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah cara yang digunakan seorang guru dalam memilih metode mengajar yang kurang tepat dalam menentukan materi. Berdasarkan pengamatan banyak pihak masih dirasakan bahwa pendekatan pembelajaran yang dikembangkan oleh guru-guru di sekolah, lebih didasarkan kebutuhan formal dari pada kebutuhan riil siswa. Keadaan dan fenomena seperti diungkapkan di atas semakin lebih jelas lagi dengan ditemukannya data empirik di lapangan melalui penelitian, yang pada umumnya menyimpulkan bahwa masih terdapat beberapa kelemahan dalam melaksanakan proses belajar mengajar di SMP, khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Metode Brainstorming terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Bandar Lampung (2) untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan Metode Brainstorming terhadap hasil belajar IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2009/2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik analisis data Kuantitatif, dan teknik pengumpulan data melalui test, dokumentasi yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang telah diterapkan Metode Brainstorming. Dari hasil penelitian dikatakan terdapat pengaruh yang cukup berarti dengan penggunaan metode Brainstorming, ada pengaruh perbedaan secara rata-rata penggunaan metode Brainstorming dengan yang tidak menggunakan metode Brainstorming, terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII E, F, di SMP Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2009/2010 dan terdapat hubungan yang sangat erat, yakni sebesar ( r ) = 0,834 dalam meningkatkan hasil belajar IPS di SMP Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2009/2010. Ada perbedaan yang berarti pada hasil tes sub sumatif secara rata-rata antara penerapaan menggunakan model pembelajaran dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran metode Brainstorming. Hasil perbedaan sebesar 4,92 dan hasil pengujian menunjukkan pengaruh yang berarti atau signifikan, yakni 2,99 > 1,96. Terdapat keeratan hubungan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Brainstorming dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran metode Brainstorming sebesar r = 0,834. Penerapan Model Pembelajaran dengan metode Brainstorming dapat dijadikan alternatif pembelajaran bagi guru-guru di sekolah sebagai salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP N 5 Bandar Lampung kelas VIII Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010. Dengan metode pembelajaran Brainstorming siswa banyak terlibat secara aktif dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa akan lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 21 Jan 2016 03:41
Terakhir diubah: 21 Jan 2016 03:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18456

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir