CIRI-CIRI KAPITALISTIK PADA NOVEL TANAH TABU KARYA ANINDITA S. THAYF DAN KELAYAKANNYA TERHADAP BAHAN AJAR SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

0513041024, Erliya Budiyarti (2012) CIRI-CIRI KAPITALISTIK PADA NOVEL TANAH TABU KARYA ANINDITA S. THAYF DAN KELAYAKANNYA TERHADAP BAHAN AJAR SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Digital Library.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (208Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persembahan.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persertujuan.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
riwayat hidup.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
sanwacana.pdf

Download (77Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah bagaimana ciri-ciri kapitalistik pada novel Tanah Tabu karya Anindita S. Thayf dan kelayakannya sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ciri-ciri kapitalistik pada novel Tanah Tabu karya Anindita S. Thayf dan kelayakannya sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data diidentifikasikan secara objektif kemudian dideskripsikan sesuai tujuan penelitian. Sumber data pada penelitian ini adalah novel Tanah Tabu karya Anindita S. Thayf. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat ciri-ciri kapitalistik, yaitu kekayaan produktif dimiliki secara individual, pelaksanaan mekanisme pasar bebas, kekuatan hukum yang dapat diandalkan, keberadaan motivasi ekonomi dalam bentuk semangat meraih keuntungan semaksimal mungkin, kehidupan ekonomi yang dikomersialisasikan, dan kebebasan melakukan kompetisi. Ciri kapitalistik berupa kekayaan dimiliki secara individual ditunjukkan oleh para pendatang, dan para pencari emas yang mengeksploitasi emas demi keuntungan pribadi, mekanisme pasar bebas ditunjukkan oleh orang-orang Papua dan para pendatang mengadakan transaksi untuk membangun Pos Pemerintahan dan lapangan terbang kecil di Papua, mengandalkan kekuatan hukum ditunjukkan dengan peraturan-peraturan yang harus dipatuhi orang-orang Papua, adanya motivasi ekonomi dalam bentuk semangat meraih keuntungan semaksimal mungkin ditunjukkan dengan semangat individu-individu untuk mengeksploitasi kekayaan yang ada di Papua dengan modal sekecil-kecilnya, adanya komersialisasi kehidupan ekonomi ditunjukkan dengan pemenuhan kebutuhan yang membutuhkan uang yang banyak serta gaya hidup yang konsumtif, kebebasan melakukan kompetisi ditunjukkan dengan tokoh Pace Gerson yang menjadikan uang sebagai alat untuk memuluskannya saat berkompetisi dalam Pilkada. Ciri kapitalistik pada novel Tanah Tabu karya Anindita S. Thayf dapat dijadikan bahan ajar agar siswa mengambil hikmah dari ciri-ciri kapitalistik yang terdapat pada novel Tanah Tabu karya Anindita S. Thayf. Ciri-ciri kapitalistik pada novel Tanah Tabu karya Anindita S. Thayf ini juga dapat dijadikan alternatif bahan ajar sastra karena memenuhi kriteria kelayakan sebagai bahan ajar Sekolah Menengah Atas (SMA).

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Depositing User: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 21 Jan 2016 03:42
Last Modified: 21 Jan 2016 03:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18471

Actions (login required)

View Item View Item