PENGARUH PERALATAN PENANGKAP IKAN YANG DIGUNAKAN TERHADAP PENDAPATAN KEPALA KELUARGA NELAYAN DI KELURAHAN KANGKUNG KECAMATAN TELUKBETUNG SELATAN KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2009

0513034020, DENNIS HUMBILLI SITUMORANG (2010) PENGARUH PERALATAN PENANGKAP IKAN YANG DIGUNAKAN TERHADAP PENDAPATAN KEPALA KELUARGA NELAYAN DI KELURAHAN KANGKUNG KECAMATAN TELUKBETUNG SELATAN KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2009. Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
abstrak.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
kesimpulan.pdf

Download (220Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
pendahuluan.pdf

Download (119Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pengaruh peralatan penangkap ikan terhadap pendapatan keluarga nelayan di Kelurahan Kangkung Kecamatan Telukbetung Selatan Kota Bandar Lampung Tahun 2009 dengan titik tekan kajian yaitu untuk mengetahui pengaruh jenis alat tangkap, jenis perahu dan jarak berlayar yang ditempuh nelayan terhadap pendapatan keluarga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini 330 kepala keluarga dan sampelnya sebanyak 66 kepala keluarga dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji beda frekuensi serta rumus chi kuadrat (x2). Hasil penelitian menunjukan : 1).Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai x2 = 8,03 dengan taraf nyata 5% dan d.b.1 diperoleh x2 tabel = 7,81. Berarti ada pengaruh positif antara jenis alat tangkap yang digunakan terhadap pendapatan kepala keluarga nelayan. Artinya semakin besar kapasitas alat tangkap yang digunakan semakin tinggi pendapatan kepala keluarga. 2).Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai x2 =8,68 dengan taraf nyata 5 % dan d.b. 1 diperoleh x 2 tabel = 3,84. Berarti ada pengaruh positif antara jenis perahu yang digunakan terhadap pendapatan kepala keluarga nelayan di Kelurahan Kangkung atau nelayan yang menggunakan perahu bermotor memiliki pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak bermotor. 3).Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai x2 = 37,2 dengan taraf nyata 5 % dan d.b 1 diperoleh x 2 tabel = 3,84. Berarti ada pengaruh yang positif antara jarak berlayar terhadap pendapatan kepala keluarga atau semakin jauh jarak berlayar semakin tinggi pendapatan kepala keluarga nelayan.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Magister Ilmu Matematika
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 21 Jan 2016 03:43
Terakhir diubah: 21 Jan 2016 03:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18488

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir