UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT HARIMAU DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU YANG DIMODIFIKASI PADA SISWA KELAS VIII F SMP Negeri 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0713051021, Sylvia Hanika (2010) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT HARIMAU DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU YANG DIMODIFIKASI PADA SISWA KELAS VIII F SMP Negeri 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (292Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1201Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (167Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Pendidikan jasmani merupakan suatu proses pembelajaran yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik , pengetahuan dan hidup aktif serta sikap sportif melalui kegiatan pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan adalah meningkatkan pembelajaran lompat harimau pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class room Action Reserch), dengan tiga siklus, dimana setiap siklus menggunakan alat bantu yang berbeda-beda. Siklus pertama menggunakan alat bantu modifikasi berupa kayu, siklus kedua menggunakan kardus, dan siklus ketiga menggunakan tali karet. Pengumpulan data diambil dari tes akhir berupa pengamatan kemampuan gerak dasar lompat harimau, sedangkan teknik analisis data menggunakan tabulasi dan prosentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan siklus pertama terjadi peningkatan dari tes awal ke tes siklus 1 sebesar 19 %, dari tes siklus pertama ke tes siklus kedua terjadi peningkatan sebesar 44 %, dan tes siklus kedua ke tes siklus ketiga terjadi peningkatan sebesar 86 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran gerak dasar lompat harimau dengan menggunakan alat bantu modifikasi berupa kayu, kardus dan tali karet dalam proses pembelajaran berlangsung efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII F SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Depositing User: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 15 Jan 2016 08:04
Last Modified: 15 Jan 2016 08:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18504

Actions (login required)

View Item View Item