Cipto Wardoyo, ELLY ASTUTI (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII G DI SMP NEGERI 1 WAY LIMA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (188Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (165Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (165Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (138Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (182Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1701Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Keberhasilan proses belajar mengajar disekolah tidak terlepas dari peran serta guru dalam menentukan suatu metode yang efektif sebab metode pembelajaran memiliki peran yang cukup besar dalam proses belajar mengajar. Metode pembelajaran harus memiliki oleh setiap guru sebagai strategi dalam mengajar sehingga dapat tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.namun, pada kenyataannya dewasa ini masih banyak guru yang belum memahami benar manfaat dari variasi penggunaan metode itu sendiri sehingga penggunaan metode dalam proses pembelajaran masih sangat minim sehingga efektivitas pembelajaran di dalam kelas masih belum optimal sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah pada kelas VIII.G di SMP Negeri I Way Lima. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sejarah siswa setelah dilakukannya pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII.G di SMP Negeri I Way Lima dan tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, kuis/tes, observasi, dan dokumentasi. data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan tekhnik analisis data kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar. Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 69, meningkat menjadi 75,75 di siklus II dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 81,02. Ketuntasan belajar siklus I mencapai 70% (belum tuntas), naik pada siklus II menjadi 80% (tuntas) dan naik lagi pada siklus III menjadi 90% (tuntas). Kata kunci: hasil belajar, Student Teams Achievement Divisions (STAD
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 31 May 2014 05:50 |
Terakhir diubah: | 31 May 2014 05:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1854 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |