PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII G DI SMP NEGERI 1 WAY LIMA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Cipto Wardoyo, ELLY ASTUTI (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII G DI SMP NEGERI 1 WAY LIMA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
3. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (188Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (165Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (165Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (138Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (182Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1701Kb) | Preview

Abstrak

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Keberhasilan proses belajar mengajar disekolah tidak terlepas dari peran serta guru dalam menentukan suatu metode yang efektif sebab metode pembelajaran memiliki peran yang cukup besar dalam proses belajar mengajar. Metode pembelajaran harus memiliki oleh setiap guru sebagai strategi dalam mengajar sehingga dapat tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.namun, pada kenyataannya dewasa ini masih banyak guru yang belum memahami benar manfaat dari variasi penggunaan metode itu sendiri sehingga penggunaan metode dalam proses pembelajaran masih sangat minim sehingga efektivitas pembelajaran di dalam kelas masih belum optimal sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah pada kelas VIII.G di SMP Negeri I Way Lima. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sejarah siswa setelah dilakukannya pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII.G di SMP Negeri I Way Lima dan tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, kuis/tes, observasi, dan dokumentasi. data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan tekhnik analisis data kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar. Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 69, meningkat menjadi 75,75 di siklus II dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 81,02. Ketuntasan belajar siklus I mencapai 70% (belum tuntas), naik pada siklus II menjadi 80% (tuntas) dan naik lagi pada siklus III menjadi 90% (tuntas). Kata kunci: hasil belajar, Student Teams Achievement Divisions (STAD

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 31 May 2014 05:50
Last Modified: 31 May 2014 05:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1854

Actions (login required)

View Item View Item