HUBUNGAN SERTIFIKASI PROFESI GURU DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DENGAN MOTIVASI KERJA GURU DI SMA NEGERI 1 TUMIJAJAR KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

0613031030, NUR OKTAVIA (2010) HUBUNGAN SERTIFIKASI PROFESI GURU DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DENGAN MOTIVASI KERJA GURU DI SMA NEGERI 1 TUMIJAJAR KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Digital lebrary.

[img]
Preview
Text
absrak.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kesimpulan.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pendahuluan.pdf

Download (123Kb) | Preview

Abstrak

Peningkatan mutu pendidikan ditentukan oleh kesiapan sumber daya manusia yang terlibat dalam proses pendidikan. Guru merupakan salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu hasil pendidikan, sehingga upaya peningkatan mutu pendidikan tidak dapat dipisahkan dari peningkatan guru baik dalam segi jumlah maupun mutunya. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan kinerja guru adalah melalui program sertifikasi dan supervisi kepala sekolah. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Apakah ada hubungan sertifikasi profesi guru dengan motivasi kerja guru? (2) Apakah ada hubungan supervisi kepala sekolah dengan motivasi kerja guru? (3) Apakah ada hubungan sertifikasi profesi guru dan supervisi kepala sekolah dengan motivasi kerja guru pada SMA Negeri 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Hubungan sertifikasi profesi guru dengan motivasi kerja guru (2) Hubungan supervisi kepala sekolah dengan motivasi kerja guru (3) Hubungan sertifikasi profesi guru dan supervisi kepala sekolah dengan motivasi kerja guru pada SMA Negeri 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat. Nur Oktavia Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Sampel penelitian adalah guru SMA Negeri 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat yang telah lulus uji sertifikasi berjumlah 33 guru. Pengumpulan data dilakukan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Data dinalisis dengan model korelasi product momenti dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sertifikasi profesi guru berhubungan secara signifikan dengan motivasi kerja guru pada SMA Negeri 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat dengan nilai hubungan sebesar 79.3%. Pengujian hipotesis menunjukkan nilai r hitung > r tabel, yaitu 0.793 > 0.324. (2) Supervisi kepala sekolah berhubungan secara signifikan dengan motivasi kerja guru pada SMA Negeri 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat dengan nilai hubungan sebesar 78,7%. Pengujian hipotesis menunjukkan nilai r hitung > r tabel, yaitu 0.787 > 0.324. (3) Sertifikasi profesi guru dan supervisi kepala sekolah berhubungan secara signifikan dengan motivasi kerja guru pada SMA Negeri 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat dengan nilai hubungan sebesar 77,9%. Pengujian hipotesis menunjukkan nilai F hitung > F tabel, yaitu 27,59 > 3,23.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 21 Jan 2016 03:46
Last Modified: 21 Jan 2016 03:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18596

Actions (login required)

View Item View Item