PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH DAN MEDIA GAMBAR MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN OLEH SISWA

0613024054, WINDA ROHANI (2013) PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH DAN MEDIA GAMBAR MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN OLEH SISWA. Digilib Library.

[img]
Preview
Text
0613024054-abstrak.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0613024054-kesimpulan.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0613024054-pendahuluan.pdf

Download (61Kb) | Preview

Abstrak

Penguasaan materi pokok Organisasi Kehidupan pada siswa SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung kelas VII belum tercapai secara maksimal. Hal ini diduga karena guru belum pernah menggunakan media dan model yang sesuai. Untuk mengatasi hal itu, telah dilakukan penelitian menggunakan macromedia flash dan media gambar melalui model picture and picture. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan penguasaan materi pokok Organisasi Kehidupan pada siswa yang menggunakan macromedia flash melalui model picture and picture dengan siswa yang menggunakan media gambar melalui model picture and picture, (2) untuk mengetahui penggunaan macromedia flash melalui model picture and picture dalam pembelajaran materi pokok Organisasi Kehidupan lebih baik dibandingkan dengan menggunakan media gambar melalui model picture and picture. Desain penelitian adalah tes awal tes akhir kelompok tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII d dan VII a yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Hasil penelitian berupa N- gain yang diperoleh dari nilai tes awal pada pertemuan pertama dan nilai tes akhir pada pertemuan ketiga. Analisis data ii Winda Rohani menggunakan uji t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penggunaan macromedia flash melalui model picture and picture dengan N-gain 63,65 lebih tinggi dibandingkan penggunaan media gambar melalui model picture and picture 59,53. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan dari penguasaan materi pokok Organisasi kehidupan oleh siswa yang menggunakan macromedia flash melalui model picture and picture dengan siswa yang menggunakan media gambar melalui model picture and picture; (2) penggunaan macromedia flash melalui model picture and picture dalam pembelajaran materi pokok Organisasi kehidupan lebih baik dibandingkan dengan menggunakan media gambar melalui model picture and picture.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:27
Last Modified: 22 Jan 2016 04:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18663

Actions (login required)

View Item View Item