PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK BINA LATIH KARYA BANDAR LAMPUNG

0613032048, Wahyu Dwi Setyowaty (2016) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK BINA LATIH KARYA BANDAR LAMPUNG. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0613032048-abstrak.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613032048-kesimpulan.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613032048-pendahuluan.pdf

Download (60Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian untuk menjelaskan pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran PKn kaitannya terhadap prestasi belajar siswa di SMK Bina Latih Karya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, subjek yang diteliti merupakan siswa kelas X, terdiri dari 9 kelas berjumlah 322 siswa. Sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah 20% atau 64 siswa dari 322 siswa. Hasil penelitian berdasarkan variabel kreatifitas guru menunjukkan bahwa dari 64 responden, 16 responden (25%) mempunyai kategori kurang baik dalam proses pembelajaran dikarenakan mereka menganggap guru tidak bisa mengembangkan kreativitasnya dan pembelajaran berjalan secara monoton. Sebanyak 20 responden (31,25%) responden mempunyai kategori cukup baik dan sudah dapat belajar dengan santai namun terarah, karena guru sudah menerapkan inovasi dalam pembelajaran walaupun masih belum maksimal. 28 (43,75%) responden mempunyai kategori yang sangat baik dalam proses pembelajaran, karena guru sudah bisa mengembangkan kreativitas yang dimilikinya. Hasil penelitian berdasarkan variabel prestasi belajar, menunjukkan bahwa dari 64 responden, 8 (12,5%) responden mempunyai prestasi belajar yang rendah,karena siswa tidak bisa memahami pelajaran dengan baik, guru tidak berinovasi dalam proses pembelajaran sehingga monoton, jadi siswa merasa kurang tertarik untuk belajar. 24 (37,5%) responden mempunyai prestasi belajar sedang dalam proses pembelajaran PKn, siswa merasa terbantu dengan penerapan metode, media, strategi, model, dan sumber belajar yang bervariasi, namun mereka menilai hal tersebut masih kurang maksimal. 32 (50%) responden mempunyai prestasi belajar yang tinggi dalam dalam proses pembelajaran PKn, siswa beranggapan bahwa guru yang memberikan variasi dalam pembelajaran membuat mereka bisa belejar dengan santai namun terarah.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:27
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18674

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir