PENDAPAT WISATAWAN TERHADAP OBJEK WISATA ALAM PUNTI KAYU DI KELURAHAN SRIJAYA KECAMATAN ALANG-ALANG LEBAR PROPINSI SUMATERA SELATAN

0613034030, FIKRI MEILAN (2016) PENDAPAT WISATAWAN TERHADAP OBJEK WISATA ALAM PUNTI KAYU DI KELURAHAN SRIJAYA KECAMATAN ALANG-ALANG LEBAR PROPINSI SUMATERA SELATAN. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0613034030-abstrak.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613034030-kesimpulan.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613034030-pendahuluan.pdf

Download (73Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat wisatawan terhadap objek wisata Punti Kayu di Kelurahan Sri Jaya Kecamatan Alang-alang Lebar Propinsi Sumatera Selatan Tahun 2010, dengan titik tekan kajian pada : lokasi objek wisata, tingkat daya tarik wisata, aksesibilitas, fasilitas, infrastruktur, promosi dan informasi serta keamanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata alam Punti Kayu, penarikan sampel menggunakan non probability sampling dengan pengambilan sampel wisatawan secara quota sampling sebanyak 40 responden dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara yang disertai kuesioner. Analisa data dengan tabulasi dan persentase sebagai dasar interpretasi dan deskripsi dalam pembuatan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebanyak 75 % wisatawan berpendapat, lokasi objek wisata alam Punti Kayu strategis, karena objek wisata alam Punti Kayu dekat dari pusat pemerintahan kota, pusat perbelanjaan, dekat dari terminal angkutan kota dan mudah untuk dijangkau dengan kendaraan umum. (2) Sebanyak 56% wisatawan berpendapat, daya tarik wisata di objek wisata Punti Kayu adalah kurang menarik. Hal ini dikarenakan perawatan flora dan fauna kurang diperhatikan. (3) sebanyak 74% wisatawan berpendapat, aksesibilitas menuju objek wisata Punti Kayu adalah mudah dijangkau, kondisi jalan yang sudah diaspal, sarana transportasi/angkutan umum lancar dan biaya/ongkos yang dikeluarkan murah. (4) sebanyak 58% wisatawan berpendapat, fasilitas yang ada di objek wisata Punti Kayu kurang baik dan kios souvenir dan tempat penginapan tidak terdapat di objek wisata Punti Kayu sehingga menjadi kendala bagi wisatawan yang berkunjung. (5) Sebanyak 53% wisatawan berpendapat mengenai infrastruktur yang ada sulit, karena untuk mendapatkan air bersih dan jaringan komunikasi sulit. (6) sebagian besar 72% wisatawan berpendapat, promosi dan informasi yang ada kurang tersebar luas, sehingga wisatawan masih ada yang belum mengetahui bahwa di objek Punti Kayu ini terdapat berbagai macam potensi. (7) Sebanyak 76% wisatawan berpendapat, keamanan di objek wisata Punti Kayu adalah relatif aman tetapi pernah terjadi tindak kriminal atau kejahatan disekitar lokasi obyek wisata ini.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:28
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18682

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir