PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 KECAMATAN METRO SELATAN

0613053007, Annisa Utami (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 KECAMATAN METRO SELATAN. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0613053007-abstrak.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613053007-kesimpulan.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613053007-pendahuluan.pdf

Download (42Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran PKn kurang diminati siswa karena pembelajarannya kurang kreatif dan menyenangkan, serta kurang melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran sehingga menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri 03 Metro Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk suatu proses pengkajian berdaur siklus yang terdiri dari 4 tahapan dasar yang saling terkait dan berkesinambungan yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data kuantitatif berupa tes hasil belajar dan teknik analisis data kualitatif berupa observasi. Berdasarkan analisis data hasil pembelajaran PKn, aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus III mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 49,62% dengan predikat cukup, pada siklus II sebesar 60,19% dengan predikat cukup dan terjadi peningkatan sebesar 10,57%. Pada siklus III sebesar 68,27% dengan predikat baik dan terjadi peningkatan sebesar 8,08%. Mengenai hasil belajar terjadi peningkatan pada setiap siklus. Hasil belajar siklus I sebesar 58,08, siklus II sebesar 61,46 terjadi peningkatan sebesar 3,38, dan pada siklus III sebesar 65,08 terjadi peningkatan sebesar 3,62. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru agar dalam pembelajaran PKn dapat menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD sehingga siswa lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:30
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18723

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir