UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS III SD NEGERI 08 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0613053018, Dian Wahyuni (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS III SD NEGERI 08 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digilib Library.

[img]
Preview
Text
0613053018-abstrak.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0613053018-kesimpulan.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0613053018-pendahuluan.pdf

Download (55Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 08 Metro Selatan dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 08 Metro Selatan. Menanggapi permasalahan tersebut, maka dilaksanakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan ini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi Bidang Datar. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan disain PTK dengan empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada tiap siklus. Data yang diambil meliputi aktivitas dan hasil belajar siswa, kinerja guru, dan angket respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan PMR. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam proses pembelajaran Matematika pada siswa kelas III SD Negeri 08 Metro Selatan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata siswa dalam kegiatan pembelajaran yaitu pada siklus I rata-rata aktivitas siswa 63,75%, siklus II 69,03%, dan siklus III 70,41%, hasil belajar siswa diperoleh rata-rata kelas pada siklus I adalah 62,93, siklus II sebesar 70,94, dan siklus III sebesar 75,33, sedangkan hasil kinerja guru pada siklus I dengan rata-rata 69,83, siklus II dengan rata-rata 73,71, dan siklus III dengan rata-rata 79,31. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, maka hendaknya guru metematika selalu menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada pembelajaran matematika.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:30
Last Modified: 22 Jan 2016 04:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18726

Actions (login required)

View Item View Item