PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KHUSUS MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI 2 METRO TIMUR TAHUN 2009/2010

0613053038, KUSUMAWATI (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KHUSUS MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI 2 METRO TIMUR TAHUN 2009/2010. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0613053038-abstrak.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613053038-kesimpulan.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613053038-pendahuluan.pdf

Download (52Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil pengamatan dan diskusi dengan guru kelas IVB SD Negeri 2 Metro Timur, kondisi pembelajaran IPS masih didominasi oleh metode ceramah. Indikasi lain bahwa kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran, mengakibatkan kurangnya keaktifan siswa, sehingga siswa kurang mampu dalam menerima informasi, pesan dan isi pembelajaran. Guru kurang mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media peta khusus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Adapun pengertian dari media peta khusus adalah peta yang dibuat dengan tujuan tertentu. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IVB yang berjumlah 28 siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus tindakan, dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa pertiap siklusnya mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata 59,025% dan pada siklus II meningkat menjadi 73,61% serta pada siklus III meningkat menjadi 81,245%. Aktivitas guru pertiap siklusnya juga mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata 48,75% menjadi 55,62% pada Siklus II dan nilai rata-rata siklus III meningkat menjadi 61,25%. Hasil belajar siswa pertiap siklusnya juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata siklus II meningkat dari siklus I yaitu 5,57% menjadi 7,14% dan nilai rata-rata siklus III meningkat menjadi 7,60%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar , aktivitas siswa dan guru pada setiap siklusnya. Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan khususnya guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial agar membiasakan menggunakan peta yang sesuai dengan materi pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:31
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18733

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir