PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 02 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0613053054, RIKA BEATRIS (2016) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 02 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. RIKA BEATRIS.

[img]
Preview
File PDF
0613053054-abstrak.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri 02 Metro Selatan guru cenderung menggunakan metode ceramah, sehingga proses pembelajaran belum optimal, pembelajaran masih didominasi oleh guru (teacher centered) menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan yang diharapkan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 02 Metro Selatan dengan menerapkan metode eksperimen. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian yang ditempuh adalah bentuk daur/siklus yang terdiri dari 4 tahapan dasar yang saling terkait yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Untuk mengetahui tingkat kinerja guru dan aktivitas siswa digunakan alat pengumpulan data yaitu berupa lembar observasi kinerja guru dan aktivitas belajar siswa, serta alat tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen dalam mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 02 Metro Selatan mampu meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (68,79%) dan siklus II (85,55%). Demikian pula rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I (70,59%) dan siklus II (85,71%). Hasil rekapitulasi peningkatan terhitung dari siklus I ke siklus II meningkat (15,12%).

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:31
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18737

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir