PENGGUNAAN MEDIA SLIDE POWER POINT DALAM MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 03 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0613053063, Ulfa Hasanah (2016) PENGGUNAAN MEDIA SLIDE POWER POINT DALAM MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 03 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digilib Library.

[img]
Preview
FIle PDF
0613053063-abstrak.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0613053063-kesimpulan.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0613053063-pendahuluan.pdf

Download (33Kb) | Preview

Abstrak

Pembelajaran matematika kelas V SDN 03 Metro Barat guru cenderung menggunakan metode ceramah sehingga kurang mampu merangsang siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran,hasil ini berdampak pada hasil belajar siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas V SDN 03 Metro Barat. Penelitian kelas ini dilaksanakan tiga siklus dengan proses kajian berdaur terdiri empat tahap. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang langkah-langkahnya terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi (4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan instrumen berupa lembar obervasi siswa dan guru dalam proses pembelajaran untuk mengetahui proses belajar siswa dan pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media slide power point serta lembar evaluasi belajar siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan rumus sederhana yaitu persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media slide power point dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media slide power point dalam proses pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDN 03 Metro Barat dapat meningkatkan proses belajar siswa. Rata-rata proses belajar siswa antara siklus I, siklus II, dan siklus III meningkat dari 55,88% menjadi 69,11% dan 77,94%. Demikian juga hasil belajar terjadi peningkatan dari nilai rata-rata siklus I 55,88, silkus II 77,05, dan ke siklus III 80,58.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:32
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18740

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir