PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN TIPE TPS

0643021054, Tri Yuliani (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN TIPE TPS. Digilib Library.

[img]
Preview
Text
0643021054-abstrak.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0643021054-kesimpulan.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0643021054-pendahuluan.pdf

Download (33Kb) | Preview

Abstrak

Matematika mempunyai peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu guru harus meningkatkan hasil belajar matematika siswa, diantaranya melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe TPS. Masing-masing tipe model pembelajaran tersebut akan digunakan peneliti untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan kedua model pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Negerikaton tahun pelajaran 2010/2011. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara Random Sampling(penarikan sampel acak). Sampel penelitian terdiri dari kelas VIII A dan kelas VIII B. Pada setiap kelas diterapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe TPS secara bergantian. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata- rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif Tri Yuliani tipe NHT dan tipe TPS. Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:32
Last Modified: 22 Jan 2016 04:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18748

Actions (login required)

View Item View Item