Penerapan Model Kooperatif Tipe TPS dalam Pembelajaran Tari Bedana di SMA N 12 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014

Mirzakifli, Eka Putrika Mutia (2014) Penerapan Model Kooperatif Tipe TPS dalam Pembelajaran Tari Bedana di SMA N 12 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER LUAR.pdf - Published Version

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (232Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (216Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (563Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (271Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (560Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3345Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimanakah penerapan model kooperatif tipe TPS dan bagaimanakah hasil pembelajaran tari Bedana pada kegiatan Ekstrakurikuler di SMA N 12 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teori yang di gunakan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TPS, pembelajaran, tari Bedana, Ekstrakurikuler, dan evaluasi belajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah 12 siswa yang mengikuti Ekstrakurikuler tari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, tes praktik dan non tes sebagai instrumen panduan yaitu pengamatan penerapan model kooperatif tipe TPS, pengamatan proses belajar siswa, pengamatan aktivitas siswa dan tes praktik untuk melihat hasil belajar siswa. Prosedur pelaksanaan model kooperatif tipe TPS diawali dengan komponen Think, siswa diharuskan untuk berkonsentrasi dan berfikir sendiri. Pair, siswa bertukar pikiran dengan pasangannya. Share, satu pasang siswa mendemonstrasikan di depan kelas dan pasangan lain memberi pendapat. Berdasarkan analisis kualitatif pada lembar pengamatan pencapaian proses pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TPS dapat diketahui bahwa pada komponen Think, siswa mendapat nilai rata-rata 85 tergolong kriteria baik sekali. Pair, mendapat nilai rata-rata 80 tergolong kriteria baik sekali dan Share, mendapat nilai rata-rata 100 tergolong kriteria baik sekali. Hasil pembelajaran yang dilakukan melalui lembar pengamatan test praktik individu 1 dan 2, dapat diketahui rata-rata nilai yang didapat seluruh siswa adalah 82 tergolong dalam kriteria baik sekali. Sedangkan ditinjau dari aktivitas siswa dapat diketahui jumlah nilai rata-rata 88 yang tergolong pada kriteria baik sekali

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> M Music
> NX Arts in general
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 02 Jun 2014 03:51
Terakhir diubah: 02 Jun 2014 03:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1877

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir