Penerapan Model Kooperatif Tipe TPS dalam Pembelajaran Tari Bedana di SMA N 12 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014

Mirzakifli, Eka Putrika Mutia (2014) Penerapan Model Kooperatif Tipe TPS dalam Pembelajaran Tari Bedana di SMA N 12 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
1. COVER LUAR.pdf - Published Version

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (232Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (216Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (563Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (271Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (560Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3345Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimanakah penerapan model kooperatif tipe TPS dan bagaimanakah hasil pembelajaran tari Bedana pada kegiatan Ekstrakurikuler di SMA N 12 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teori yang di gunakan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TPS, pembelajaran, tari Bedana, Ekstrakurikuler, dan evaluasi belajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah 12 siswa yang mengikuti Ekstrakurikuler tari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, tes praktik dan non tes sebagai instrumen panduan yaitu pengamatan penerapan model kooperatif tipe TPS, pengamatan proses belajar siswa, pengamatan aktivitas siswa dan tes praktik untuk melihat hasil belajar siswa. Prosedur pelaksanaan model kooperatif tipe TPS diawali dengan komponen Think, siswa diharuskan untuk berkonsentrasi dan berfikir sendiri. Pair, siswa bertukar pikiran dengan pasangannya. Share, satu pasang siswa mendemonstrasikan di depan kelas dan pasangan lain memberi pendapat. Berdasarkan analisis kualitatif pada lembar pengamatan pencapaian proses pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TPS dapat diketahui bahwa pada komponen Think, siswa mendapat nilai rata-rata 85 tergolong kriteria baik sekali. Pair, mendapat nilai rata-rata 80 tergolong kriteria baik sekali dan Share, mendapat nilai rata-rata 100 tergolong kriteria baik sekali. Hasil pembelajaran yang dilakukan melalui lembar pengamatan test praktik individu 1 dan 2, dapat diketahui rata-rata nilai yang didapat seluruh siswa adalah 82 tergolong dalam kriteria baik sekali. Sedangkan ditinjau dari aktivitas siswa dapat diketahui jumlah nilai rata-rata 88 yang tergolong pada kriteria baik sekali

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > M Music
N Fine Arts > NX Arts in general
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 02 Jun 2014 03:51
Last Modified: 02 Jun 2014 03:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1877

Actions (login required)

View Item View Item