ANALISIS PENGARUH HARGA SAHAM MASA LALU TERHADAP HARGA SAHAM SEKARANG DAN ABNORMAL RETURN EMITEN BUMN Tbk TAHUN 2008 DI BURSA EFEK INDONESIA

No NPM, Meli Yuslinawati ANALISIS PENGARUH HARGA SAHAM MASA LALU TERHADAP HARGA SAHAM SEKARANG DAN ABNORMAL RETURN EMITEN BUMN Tbk TAHUN 2008 DI BURSA EFEK INDONESIA. Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
meli_yuslinawati-abstract.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
meli_yuslinawati-abstrak.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
meli_yuslinawati-kesimpulan.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
meli_yuslinawati-pendahuluan.pdf

Download (190Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Dewasa ini pasar modal sebagai salah satu pilihan dalam melakukan invetasi telah banyak dikenal luas oleh masyarakat. Sebelum melakukan suatu investasi, para investor perlu mengetahui dan memilih saham-saham mana yang dapat memberikan keuntungan paling optimal bagi dana yang diinvestasikan. Berdasarkan informasi tersebut maka dapat diketahui bahwa harga saham merupakan indikator adanya keberhasilan manajemen dalam mengelola perusahaan. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menganalisis saham, tetapi pada garis besarnya dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu analisis teknikal dan analisis fundamental. Pasar dikatakan efisien dalam bentuk lemah jika harga-harga dari sekuritas tercermin secara penuh (fully reflect) terhadap informasi masa lalu. Informasi masa lalu ini merupakan informasi yang sudah terjadi. Bentuk efisiensi pasar secara lemah ini berkaitan dengan teori langkah acak (random walk theory) yang menyatakan bahwa data masa lalu tidak berhubungan dengan nilai sekarang. Jika pasar efisien secara bentuk lemah, maka nilai-nilai masa lalu tidak dapat digunakan untuk dapat memprediksi harga sekarang. Ini berarti bahwa untuk pasar yang efisien bentuk lemah, investor tidak dapat menggunakan informasi masa lalu untuk mendapatkan keuntungan yang tidak normal (abnormal return). Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa signifikan pengaruh harga saham masa lalu terhadap harga saham sekarang dan terhadap abnormal return, sehingga tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui kondisi pasar saham Indonesia apakah telah efisien melalui sektor BUMN, dan jika pasar belum efisien secara lemah masih akan diperoleh abnormal return dan sebaliknya. Metode perhitungan yang digunakan adalah analisis uji statistik regresi linier sederhana dengan menggunakan program Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 13.0. Variabel penelitian yang digunakan adalah X1 sebagai harga masa lalu dan Y1 sebagai harga saham sekarang, serta X2 sebagai harga masa lalu dan sebagai variabel Y2 abnormal return. Objek penelitian adalah perusahaan BUMN yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2008. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kondisi pasar saham Indonesia tahun 2008 belum efisien. Hal ini terlihat dari hasil uji statistik (uji t) yang menyatakan bahwa harga saham masa lalu berpengaruh terhadap harga saham sekarang. Kondisi seperti ini membuat investor mampu memperoleh abnormal return dalam transaksinya, dan hal ini turut diperkuat oleh hasil uji statistik (uji t) menyatakan bahwa harga masa lalu berpengaruh terhadap abnormal return yang diperoleh investor.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:33
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18775

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir