HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN BAGIAN KEPERAWATAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr.H.ABDUL MOELOEK BANDARLAMPUNG

0611011079, Laily Yashinta HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN BAGIAN KEPERAWATAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr.H.ABDUL MOELOEK BANDARLAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
Text
0611011079-abstrak.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611011079-abstract.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611011079-kesimpulan.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611011079-pendahuluan.pdf

Download (274Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK RSUD Dr.H.Abdul Moeloek Bandarlampung merupakan RSUD milik pemerintah yang didirikan sejak tahun 1914 dan memiliki visi menjadi rumah sakit profesional kebanggaan masyarakat Lampung. Masalah yang terjadi adalah tidak seimbangnya jumlah karyawan keperawatan dengan kapasitas pasien RSUD Dr.H.Abdul Moeloek, serta adanya kendala yang dihadapi dalam pengadaan sarana air bersih dan ketersediaan pasokan listrik yang berakibat pada kurangnya kenyamanan dan kepuasan karayawan dalam bekerja. Dari uraian tersebut, permasalahan yang ingin diangkat dalam penelitian ini adalah apakah kepuasan kerja memiliki hubungan dengan organizational citizenship behavior (OCB) pada karyawan bagian keperawatan RSUD Dr.H.Abdul Moeloek Bandarlampung? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan kepuasan kerja dengan organizational citizenship behavior (OCB) pada karyawan bagian keperawatan RSUD Dr.H.Abdul Moeloek Bandarlampung yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 60 orang responden atau 15% dari total karyawan yang berjumlah 402 karyawan. Analisis korelasi Spearman Rank menunjukkan koefisien korelasi antara variabel kepuasan kerja karyawan dengan variabel OCB sebesar 0,602. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan kuat antara variabel kepuasan kerja dengan variabel OCB. Hasil uji t memperlihatkan bahwa nilai t hitung (5,745) lebih besar dari nilai t tabel (1.672) pada taraf kepercayaan 95%, sehingga hipotesis yang berbunyi ” Kepuasan kerja karyawan memiliki hubungan dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada karyawan bagian keperawatan RSUD Dr.H.Abdul Moeloek Bandarlampung” dapat diterima. Saran yang deberikan Penulis kepada RSUD Dr.H.Abdul Moeloek dalam upaya memperbaiki masalah kepuasan kerja dan organizational citizenship behavior (OCB) adalah dengan meningkatkan pemberian penghargaan yang diberikan kepada karyawan serta mengadakan kegiatan yang sifatnya kekeluargaan dalam tujuan meningkatkan kebersamaan dan kekompakan karyawan dalam pencapaian tujuan.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:34
Last Modified: 22 Jan 2016 04:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18782

Actions (login required)

View Item View Item