DAMPAK BANTUAN LANGSUNG MASYARAKAT PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI PERKOTAAN (P2KP) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA (Studi Kasus Pada Masyarakat Penerima Manfaat Program di Kelurahan Kalianda Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan)

0611021102, YESSY LISNAWATI DAMPAK BANTUAN LANGSUNG MASYARAKAT PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI PERKOTAAN (P2KP) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA (Studi Kasus Pada Masyarakat Penerima Manfaat Program di Kelurahan Kalianda Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan). Digital Library.

[img]
Preview
Text
0611021102-abstract.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611021102-abstrak.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611021102-kesimpulan.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611021102-pendahuluan.pdf

Download (178Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dan manfaat Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dana pinjaman bergulir Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) terhadap peningkatan pendapatan usaha di kelurahan Kalianda Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan pada tahun 2009/2010. Hipotesis yang dapat diajukan adalah Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dana pinjaman bergulir P2KP berpengaruh nyata memberikan peningkatan pendapatan usaha masyarakat di Kelurahan Kalianda Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Yaitu analisis tabel yang digunakan untuk mengetahui manfaat dari Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dana pinjaman bergulir P2KP dan melakukan uji perbedaan dua rata-rata untuk mengetahui perubahan tingkat pendapatan usaha masyarakat antara sebelum dan sesudah adanya Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dana pinjaman bergulir P2KP. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan masyarakat penerima Bantuan Langsung Masyarakat(BLM) dana pinjaman bergulir P2KP di Kelurahan Kalianda Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan yang berjumlah 510 orang. Jumlah sampel adalah sebanyak 84 responden dari keseluruhan populasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari hasil uji perbedaan dua rata-rata diketahui nilai z hitung (2,105) > t tabel (1,96) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti secara statistik terjadi peningkatan pendapatan rata-rata usaha masyarakat antara sesudah dan sebelum adanya Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dana pinjaman bergulir P2KP di Kelurahan Kalianda Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Selain itu Bantuan Langsung Masyarakat P2KP yang berupa dana pinjaman bergulir dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengembangkan usha yang dimiliki, peningkatan pendapatan/keuntungan yang diperoleh masyarakat setelah mendapat bantuan rata-rata sebesar 20%, jumlah yang tidak terlalu besar tetapi dengan diberikannya bantuan modal pinjaman P2KP masyarakat dapat terus menjalankan dan mengelola usaha sendiri. Oleh karenanya untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan usaha ke skala yang lebih besar dibutuhkan kebijakan baru pemerintah yaitu penambahan jumlah pemberian dana pinjaman bergulir P2KP.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:34
Last Modified: 22 Jan 2016 04:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18783

Actions (login required)

View Item View Item