ANALISIS PENGARUH TAGLINE IKLAN TERHADAP BRAND AWARENESS PRODUK SOSRO PT SINAR SOSRO (Studi Pada Mahasiswa Pengonsumsi Minuman Teh Botol Merek Sosro di Fakultas Ekonomi Universitas Lampung)

0611011103, OKTAMIWATI ANALISIS PENGARUH TAGLINE IKLAN TERHADAP BRAND AWARENESS PRODUK SOSRO PT SINAR SOSRO (Studi Pada Mahasiswa Pengonsumsi Minuman Teh Botol Merek Sosro di Fakultas Ekonomi Universitas Lampung). Digital Library.

[img]
Preview
Text
0611011103-abstract.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611011103-abstrak.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611011103-pendahuluan.pdf

Download (409Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611011103-kesimpulan.pdf

Download (71Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Seiring dengan perkembangan dunia, persaingan di dunia bisnis pun semakin ketat. Hal ini ditandai dengan banyaknya perusahaan yang berlomba melakukan komunikasi pemasaran atau yang lebih dikenal dengan promosi. Salah satu media promosi yg sudah lazim adalah dengan beriklan. Strategi untuk meningkatkan kesan yang mendalam dalam kampanye iklan yang sering digunakan adalah tagline. PT Sinar Sosro contohnya, dengan tagline iklan ”Apapun..Enaknya Minum Teh Botol Sosro”telah merebut hati masyarakat. Masalah yang dihadapi PT Sinar Sosro adalah PT Sinar Sosro pada saat ini dihadapkan pada berbagai saingan produk minuman teh yang tidak hanya dari pesaing lokal, namun juga pesaing asing yang dapat memungkinkan pelanggan untuk beralih ke merek tersebut, terlebih lagi jika merek tersebut membuat suatu perubahan dan menawarkan karakteristik produk yang lebih unggul dari berbagai sudut atributnya. Persaingan berbagai merek teh dalam kemasan botol, membuat PT Sinar Sosro harus lebih berhati-hati dalam merancang strategi pemasarannya. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah : Apakah Tagline iklan berpengaruh terhadap brand awareness produk sosro PT Sinar Sosro ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tagline iklan terhadap brand awareness produk sosro PT Sinar Sosro. Hipotesis dalam penelitian ini adalah bahwa Tagline iklan teh botol Sosro mempunyai pengaruh positif terhadap brand awareness produk sosro PT Sinar Sosro yang dilakukan dengan teknik Startified Random Sampling, dan setelah dilakukan perhitungan sampel yang diperoleh sebanyak 105 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan cara menganalisis permasalahan dan mencari pemecahan masalah dengan menggunakan data yang terkumpul dari hasil kuesioner yang dihubungkan dengan teori pemasaran atau pendekatan-pendekatan yang berkaitan dengan teori tagline , teori iklan, teori kesadaran merek (brand awareness) dalam menganalisis pengaruh tagline iklan terhadap brand awareness produk sosro PT Sinar Sosro. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa Tagline iklan signifikan pada tingkat 0,05 dengan probabilitas 0.000. Maka dapat disimpulkan bahwa Tagline iklan berpengaruh terhadap brand awareness produk sosro PT Sinar Sosro. Model regresi linier yang dihasilkan menunjukkan bahwa koefisien regresi positif dan signifikan (0,650) artinya, Tagline iklan berpengaruh besar terhadap brand awareness produk sosro, semakin positif tanggapan responden terhadap Tagline iklan maka pengenalan dan awareness responden akan merek produk Sosro juga akan mengalami kenaikan. Agar PT Sinar Sosro lebih optimal dalam mempengaruhi awareness responden akan merek produk Sosro sepenuhnya maka sebaiknya kelengkapan informasi yang disampaikan harus lebih diperjelas kata-kata dan format pesan dalam iklannya, iklan yang ditayangkan di televisi sebaiknya dibuat lebih menarik, lebih lucu,lebih unik lagi agar konsumen lebih tertarik untuk membeli produk Sosro.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:34
Last Modified: 22 Jan 2016 04:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18784

Actions (login required)

View Item View Item