EFEKTIVITAS MEDIA ANIMASI DAN LKS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA

0643023002, ARIEF NUGROHO (2016) EFEKTIVITAS MEDIA ANIMASI DAN LKS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0643023002-abstrak.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643023002-kesimpulan.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643023002-pendahuluan.pdf

Download (37Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Selama ini, pada pembelajaran sains termasuk kimia di sekolah, umumnya siswa dituntut lebih banyak mempelajari konsep-konsep dan prinsip-prinsip sains secara verbal. Cara pembelajaran seperti itu menyebabkan siswa hanya mengenal ba- nyak peristilahan sains secara hapalan tetapi tidak memahami maknanya. Hal ini juga menyebabkan siswa kurang bisa mengasah keterampilan generik sains mere- ka yang berpengaruh pada penguasaan konsep kimia. Sehingga pelajaran kimia sering dianggap sulit oleh para siswanya. Salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa adalah kesetimbangan kimia. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah penggunaan media animasi dan LKS praktikum berbasis keterampilan generik sains pada pembelajaran kesetimbangan kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas media animasi dan LKS praktikum dalam meningkatkan keterampilan generik sains dan penguasaan konsep kesetimbangan kimia. Data yang diambil adalah nilai pretes dan postes siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Rata-rata keterampilan generik sains dan penguasaan konsep kesetimbangan kimia siswa yang diberi media animasi dan LKS praktikum lebih tinggi daripada rata-rata keterampilan generik sains dan pe- nguasaan konsep kesetimbangan kimia siswa yang tidak diberi media animasi dan Arief Nugroho LKS praktikum. 2. Media animasi dan LKS praktikum efektif untuk mening- katkan keterampilan generik sains dan penguasaan konsep kesetimbangan kimia.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:23
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18793

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir