PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI PENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA

0643023017, HANIK (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI PENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA. Digilib Library.

[img]
Preview
FIle PDF
0643023017-ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0643023017-PENDAHULUAN.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0643023017-KESIMPULAN.pdf

Download (33Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kimia kelas XI IPA 1 SMA Persada Bandar Lampung, nilai rata-rata penguasaan konsep pada materi pokok asam basa kelas XI IPA pada tahun pelajaran 2009-2010 masih rendah. Proses pembelajarannya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Aktivi- tas siswa yang dominan adalah mendengar, mencatat, dan latihan soal, akibatnya penguasaan konsep siswa rendah. Selain itu, siswa jarang melakukan praktikum, sehingga guru belum melatihkan keterampilan proses sains siswa dalam proses penemuan konsep. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melatihkan KPS melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan persentase (1) keteram- pilan mengkomunikasikan; (2) keterampilan menarik kesimpulan; (3) penguasaan konsep dan; (4) siswa yang mencapai KKM dari siklus ke siklus. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Persada Bandar Lampung TP 2010-2011 yang berjumlah 34 orang. Data penelitian berupa data keterampilan mengkomunikasikan dan menarik kesimpulan di serta penguasaan konsep siswa. Data kedua keterampilan dan penguasaan konsep diungkap melalui tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi: (1) peningkatan persentase keteram- pilan mengkomunikasikan dari siklus I ke siklus II yaitu kelompok kemampuan tinggi (11,76%), kelompok kemampuan sedang (14,70%), dan kelompok kemam- puan rendah menurun (26,47%). Pada siklus II ke siklus III yaitu kelompok ke- mampuan tinggi (26,47%), kelompok kemampuan sedang menurun (8,82%), dan kelompok kemampuan rendah menurun (17,64%); (2) peningkatan persentase ke- terampilan menarik kesimpulan dari siklus I ke siklus II yaitu kelompok kemam- puan tinggi (23,52%), kelompok kemampuan sedang (5,88%), dan kelompok ke- mampuan rendah menurun (29,41%). Pada silkus II ke siklus III yaitu kelompok kemampuan tinggi (26,47%), kelompok kemampuan sedang menurun (8,82%), dan kelompok ke-mampuan rendah menurun (17,64%); (3) peningkatan persenta- se penguasaan konsep asam basa , yaitu dari siklus I ke siklus II sebesar 8,37% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 12,42%; (4) peningkatan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 8,82% pada siklus I ke siklus II dan sebesar 23,53% pada siklus II ke siklus III.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:23
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18797

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir