PENGARUH MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 BANDAR LAMPUNG

0643024022, FENNY ANGGRAINI (2016) PENGARUH MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 BANDAR LAMPUNG. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0643024022-abstrak.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643024022-kesimpulan.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643024022-pendahuluan.pdf

Download (50Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media komik pembelajaran biologi terhadap penguasaan konsep materi pokok organisasi kehidupan pada siswa kelas VII SMP Negeri 23 Bandar Lampung. Desain penelitian adalah pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIa dan VIIb yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian diperoleh dari angket untuk mengetahui kemenarikan media yang disajikan pada akhir pertemuan, serta nilai pretes dan postes pada setiap pertemuan, dihitung selisihnya dan diperoleh N-gain. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 25 orang siswa menyatakan media komik sangat menarik, 7 orang siswa menyatakan menarik, dan tidak ada siswa yang menyatakan tidak menarik, serta rata-rata N-gain yang diperoleh pada kelas eksperimen dengan menggunakan media komik sebesar 53,20 lebih tinggi, dibandingkan rata-rata N-gain pada kelas kontrol tanpa menggunakan media komik sebesar 33,41. Berarti penggunaan media komik dalam pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil dan tujuan yang diperoleh yaitu mempertinggi proses belajar siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan penguasaan konsep.                                                                                                                                                                        Fenny Anggraini Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan media komik pembelajaran biologi meningkatkan penguasaan konsep materi pokok organisasi kehidupan pada siswa kelas VII SMPN 23 Bandar Lampung.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:24
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18805

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir