ANALISIS NILAI TAMBAH, KELAYAKAN FINANSIAL, DAN STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KOPI BUBUK ORGANIK DI DESA GUNUNG TERANG KECAMATAN WAY TENONG KABUPATEN LAMPUNG BARAT (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN WAROENG ORGANIK)

NN, Ryan Noviana (2010) ANALISIS NILAI TAMBAH, KELAYAKAN FINANSIAL, DAN STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KOPI BUBUK ORGANIK DI DESA GUNUNG TERANG KECAMATAN WAY TENONG KABUPATEN LAMPUNG BARAT (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN WAROENG ORGANIK). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan dan saran.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENDAHULUAN.pdf

Download (65Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui nilai tambah produk agroindustri kopi bubuk organik di Desa Gunung Terang, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat, (2) Mengetahui tingkat keuntungan agroindustri kopi bubuk organik di Desa Gunung Terang, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat secara finansial, dan (3) Mengetahui strategi pengembangan agroindustri kopi bubuk organik di Desa Gunung Terang, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja dengan menggunakan metode Non-Probability Sampling dengan Sampling Purposive. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember dan Juni 2010. Analisis yang dilakukan meliputi nilai tambah, kelayakan finansial, dan strategi pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : usaha agroindustri kopi bubuk organik di Desa Gunung Terang Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat menguntungkan, nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan kopi organik menjadi kopi bubuk organik pada agroindustri ini sebesar Rp.20.743,54 per kilogram bahan baku biji kopi organik kering atau sebesar 60,23 persen. Usaha agroindustri kopi bubuk organik di Desa Gunung Terang Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat secara finansial layak untuk dikembangkan dan menguntungkan. Strategi pengembangan agroindustri kopi bubuk organik di Desa Gunung Terang Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat, didapat tiga strategi prioritas yaitu: (a) Meningkatkan pengalaman pemilik agroindustri dalam usahanya untuk dapat menangkap peluang pasar yang masih terbuka lebar, (b) Mengadakan perekrutan karyawan untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas yang memiliki keahlian dan keterampilan, sehingga dapat meningkatkan produksi kopi bubuk organik yang berdaya saing dalam upaya menembus pangsa pasar internasional, dan (c) Menjaga produk kopi bubuk organiksupaya tetap baik bagi kesehatan tubuh untuk menangkap peluang pasar dalam dan luar negeri yang masih terbuka lebar.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Magister Agroekoteknologi
Pengguna Deposit: tik 11 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:24
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18810

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir