PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PKn ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE MENGAJAR CERAMAH BERVARIASI DENGAN DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMA N 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0643032046, VINA ASTRIA (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PKn ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE MENGAJAR CERAMAH BERVARIASI DENGAN DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMA N 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. lebrary.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pendahuluan.pdf

Download (86Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mendorong siswa agar termotivasi untuk belajar PKn dengan mengembangkan metode ceramah yang bervariasi dan diskusi, metode tersebut sangat diperlukan artinya seorang guru tidak boleh monoton dalam mengajar dengan menggunakan metode ceramah saja yaitu metode yang mutlak digunakan oleh guru hal ini akan menimbulkan kejenuhan, karena siswa harus dengan setia dan tenang mendengarkan penjelasan guru itu. Sedangkan dengan metode diskusi siswa dapat diharapkan dapat lebih aktif dalam mengemukakan pendapat terhadap berbagai persoalan yang disajikan tanpa merasa segan dan takut. Permasalahan belajar PKn siswa kelas X SMA N 13 Bandar Lampung adalah proses belajar di kelas siswa kurang dilatih dan bekerja sama dalam memecahkan masalah dan mendengarkan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah bervariasi, (2) bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi kelompok, (3) adakah perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah bervariasi dan menggunakan metode diskusi kelompok. Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk untuk menganalisis, mengetahui, menjelaskan atau mengetahui jumlah perbedaan rata-rata hasil belajar PKn siswa antara yang diberi pembelajaran menggunakan metode ceramah bervariasi dengan hasil belajar PKn menggunakan metode diskusi. (2) untuk menganalisis, mengetahui rata-rata hasil belajar PKn siswa yang lebih tinggi antara yang diberi pembelajaran menggunakan metode ceramah bervariasi dengan hasil belajar PKn menggunakan metode diskusi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class Action Research) yaitu suatu penelitian yang dikembangkan bersama-sama untuk peneliti dan dicision maker tentang variable yang dimanipulasikan dan dapat digunakan Vina astria untuk melakukan perbaikan. Populasi penelitian ini 208 siswa, sampel diambil 76 siswa dari 2 kelas yang masing-masing kelas berjumlah 38 siswa. Pengumpulan data dengan observasi dan tes untuk memperoleh data primer. Analisis penelitian menggunakan t tes dan uji perbedaan dua rata-rata untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa dengan melalui tes untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa dan sebagai dasar deskripsi guna membuat laporan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran ceramah bervariasi dan diskusi kelompok yaitu : 1. hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa 2. hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 3. ada perbedaan rata-rata hasil belajar PKn siswa antara yang menggunakan metode ceramah bervariasi dengan diskusi kelompok. Rata–rata hasil belajar PKn siswa menggunakan metode pengajaran diskusi kelompok lebih tinggi (73,4) dari pada rata-rata hasil belajar PKn siswa dengan menggunakan ceramah bervariasi (63,2)

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:25
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18836

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir