PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SD NEGERI 4 MERAK BATIN NATAR SEMESTER GANJILTAHUN PELAJARAN 2010/ 2011

0713056116, Parwito (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SD NEGERI 4 MERAK BATIN NATAR SEMESTER GANJILTAHUN PELAJARAN 2010/ 2011. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pendahuluan.pdf

Download (99Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Berdasarkan hasil observasi awal di SDN 4 Merak Batin kualitas aktivitas dan hasil belajar sains kelas IV masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar sains, melalui media konkret. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri atas dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data digunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sain digunakan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media konkret dapat meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran sains. Peningkatan aktivitas siswa pada siklus 1 (70,0%) mejadi (74,7%) pada akhir siklus 2. Sedang peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 dengan rerata nilai (66,7) menjadi (71,5) pada akhir siklus 2. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar sains, media konkret

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: tik 12 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:36
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18877

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir