Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Minat Baca Siswa Dan Iklim Sekolah dengan Prestasi Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Genap Di SMP Negeri 4 Pringsewu Tahun Ajaran 2009-2010

0643031046, Yulfa Ribowo (2010) Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Minat Baca Siswa Dan Iklim Sekolah dengan Prestasi Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Genap Di SMP Negeri 4 Pringsewu Tahun Ajaran 2009-2010. Digital Library.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kesimpulan.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pendahuluan.pdf

Download (235Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Prestasi belajar merupakan hasil yang didapat atau diperoleh siswa selama mengikuti proses belajar mengajar di sekolah. Kurangnya interaksi antara siswa dengan guru dan sesama elemen yang ada di sekolah akan mengurangi semangat belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa pun akan menurun. Oleh karena itu, diperlukan adanya kerjasama dan interaksi antar elemen yang ada di sekolah. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada siswi kelas banyak faktor yang diduga berhubungan dengan prestasi belajar, diantaranya adalah pemanfaatan perpustakaan sekolah, minat baca siswa, dan iklim sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah, minat baca siswa, dan iklim sekolah dengan prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap di SMP Negeri 4 Pringsewu tahun ajaran 2009−2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-Postfacto dan survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Pringsewu yang berjumlah 188 orang dengan jumlah sampel sebanyak 126 orang yang diambil menggunakan teknik probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi, dokumentasi, studi kepustakaan, dan angket. Untuk menguji hipotesis Pertama , kedua, dan ketiga digunakan statistik t dengan model korelasi product moment, sedangkan hipotesis keempat menggunakan statistik F dengan model korelasi ganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan antara pemanfaatan perpustakan dengan prestasi belajar IPS Terpadu yang ditunjukkan oleh R2 = 14,7% . (2) Ada hubungan antara minat baca siswa dengan prestasi belajar IPS Terpadu yang ditunjukkan oleh R2 = 31,8% . (3) Ada hubungan antara iklim sekolah dengan prestasi belajar IPS Terpadu yang ditunjukkan oleh R2 = 27,5% . (4) Ada hubungan antara pemanfaatan perpustakan, minat baca siswa , dan iklim sekolah dengan prestasi belajar IPS Terpadu yang ditunjukkan oleh R2 = 41%.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Depositing User: tik20 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:36
Last Modified: 22 Jan 2016 04:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18884

Actions (login required)

View Item View Item